Minggu, 30 Juli, 2017 8:59 am

Kesadaran Membayar PBB di Kabupaten Karimun Masih Rendah

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Karimun, Kamarullazi

Riaukepri.com, KARIMUN — Tingkat kesadaran masyarakat di Kabupaten Karimun membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) masih tergolong rendah, ini terlihat dari masih sedikitnya wajib pajak (WP) yang sudah membayar PBB.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Karimun, Kamarullazi, mengatakan sampai saat ini warga yang sudah membayar Pajak Bumi dan Bangunan belum sampai separoh atau belum banyak yang menunaikan wajib pajaknya atau baru sekitar 42 persen.

Rendahnya pembayaran PBB ini memang karena banyak faktor, salah satunya kesadaran untuk membayar pajak ini masih rendah, selain itu kondisi perekonomian seperti terjadinya pengurangan maupun pemutusan hubungan kerja di beberapa perusahaan yang ada di daerah ini ikut memberikan dampak bagi warga untuk membayar PBB.

Baca juga :  Lepas Tim Futsal Karimun, Ini Harapan Aunur Rafiq

“Kita menghimbau terus kepada masyarakat untuk segera membayar kewajibannya, masih ada waktu beberapa bulan lagi sampai batas akhir yang sudah ditentukan”Kata Kamarullazi.

Ditambahkan Kamarullazi, beberapa upaya sudah dilakukan untuk memacu kesadaran masyarakat membayar PBB, baik melalui sosialisasi, pemasangan spanduk dan baleho dan memberikan reward atau penghargaan kepada wajib pajak teladan serta kerjasama dengan camat dan lurah untuk memberikan pemahaman kepada warga masyarakat.

Baca juga :  Hari Sumpah Pemuda, SMPN 1 Meral Gelar Fashion Show

Meskipun kesadaran masyarakat masih rendah, tetapi dengan adanya program pemerintah terhadap masalah pertanahan yang disebut PRONA pada saat ini, dapat membantu meningkatkan kesadaran warga untuk membayar PBB.

Kamarullazi berharap target penerimaan dari pajak bumi dan bangunan sebesar Rp 5 milyar pada tahun 2017 kemungkinan masih bisa tercapai, meskipun batas akhir pelunasan wajib pajak membayar PBB hanya beberapa bulan saja lagi. (FRE)