Jumat, 6 Februari, 2015 8:37 am

Kondisi Memprihatinkan, Ketua Komisi E DPRD Riau: Inhil Selatan Harus Segera Dimekarkan

Kondisi jalan Inhil Selatan, Reteh Keritang yang sangat memprihatinkan

RiauKepri.com, PEKANBARU – Indragiri Hilir yang merupakan daerah terluas di Riau dinilai terbatas dalam mengatasi pembangunan. Oleh karena ini, pembentukan Kabupaten Inhil Selatan yang memekarkan Inhil menjadi Kabupaten baru diharapkan oleh Komisi E, DPRD Provinsi Riau segera terwujud.

“Nampaknya harus dimekarkan, jumlah Kecamatan banyak, penduduk terbesar. Terutama Kabupaten Insel (Indragiri Selatan, red) yang saat ini sudah dalam proses pengesahan di Pusat,” sebut Ketua Komisi E, DPRD Riau, Masnur pada wartawan saat dikonfirmasi dalam upaya memajukan Kabupaten Inhil yang kondisinya saat ini jauh tertinggal dari Kabupaten/Kota yang ada di Riau, Kamis (5/2/2015).

Baca juga :  Sibuk Memburu AHY untuk Berfoto, Banyak Anak Kehilangan Emak

Politisi Golkar dari Kampar ini menambahkan, jika Inhil Selatan terwujud menjadi daerah otonom baru, tentu akan mampu menganggarkan pembangunan sendiri dan fokus. Sehingga segala ketertinggalan yang selama ini dikhawatirkan segera teratasi.

“Daerah terluas dengan Kecamatan terbanyak, begitu juga luas wilayah merupakan terbesar di Riau, belum lagi penduduk ke tiga tepadat.  Sementara Pemkab Inhil tidak mampu, dengan anggaran yang terbatas”, jelasnya sembari meyebutkan alasan.

Pada Kunjungan Kerja yang langsung disaksikannya, Masnur menerangkan sangat prihatin dengan masyarakat Inhil Selatan. Rakyat tidak mendapat hak-hak dasarnya seperti sarana pendidikan, kesehatan. Belum lagi dilihat sarana insfratruktur jalan yang hampir membuat daerah tersebut terisolir.

Baca juga :  JE, Syamsuar Orangnya Bersih Layak Memimpin Riau

“Sekolah papan dengan kondisi tidak layak, bahkan masih ada yang belajar di bawah pohon. Bidang kesehatan, boleh dikatakan dalam kondisi rumah tidak sehat, begitu juga jalan, begitu masuk wilayah Inhil kondisi sudah rusak berat,” terangnya lagi.

Sebagaimana diketahui, luas Kabupaten Inhil 18.813,79 Km2 dengan jumlah penduduk 683.354 jiwa, dateran rendah 95.80 persen, dataran tinggi 4,20 persen dan terdiri dari 20 Kecamtan. Hal tersebut salah satu bukti bahwa Kabupaten Inhil layak untuk dimekarkan segera. (mcr/DEN)