Selasa, 22 Agustus, 2017 6:29 pm

Kultifator dan Handtractor dari Dewi Kumalasari untuk Petani Bintan

RiauKepri.com, BINTAN — Anggota DPRD Provinsi Kepri dapil Bintan, Dra Hj Dewi Kumalasari MPd menyerahkan bantuan 3 unit Kultifator dan 3 unit Handtractor kepada enam kelompok wanita tani. Penyerahan dilaksanakan di Balai Benih Induk Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Kepri, Selasa (22/8).

Keenam kelompok wanita tani tersebut adalah Kelompok Tani Mekar Tani Makmur, Kelompok Tani Lambung Unggul, Kelompok Tani Harapan, Kelompok Wanita Tani Kemuning, Kelompok Wanita Tani Telaga Biru dan Kelompok Wanita Tani Sumber Rezeki.

“Kita harapkan bantuan ini dapat mempermudah pengolahan lahan pertanian dan peningkatan hasil produksi yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga dan masyarakat,” ujar Dewi yang juga istri mantan Bupati Bintan Ansar Ahmad.

Baca juga :  Spirit Sultan Mahmud Riayat Syah Diharapkan Menjadi Motivasi Generasi Kepri

Ketua Fraksi Golongan Karya DPRD Provinsi Kepri ini mengatakan, pertanian secara tradisional belum sepenuhnya mampu meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas hasil yang maksimal. Untuk itu diperlukan keterlibatan pemerintah secara aktif dalam mendorong kelompok-kelompok tani dalam alih teknologi guna peningkatan mutu dan kuantitas produksi pertanian.

“Di beberapa negara maju, tekhnologi pertanian berkembang dengan begitu pesatnya. Kita perlu belajar agar para petani bisa lebih maju dan berdaya saing,” jelasnya.

Untuk itu Dewi berharap bantuan Kultifator dan Handtractor bisa memacu semangat para wanita yang tergabung dalam kelompok tani untuk lebih eksis sebagai salah satu penggerak kamajuan pertanian modern di Provinsi Kepulauan Riau.

“Kita punya semangat yang sama. Kita juga punya kesempatan yang sama. Mari kita tunjukkan bahwa kelompok wanita tani bisa berdiri di garda terdepan dalam memajukan dunia pertanian modern,” harapnya.

Baca juga :  Ini Pesan Sekda Kepri Kepada Atlet Pekan Olahraga Korpri

Salah seorang anggota Kelompok Wanita Tani, Harni mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan bantuan Kultifator dan Handtractor tersebut.

“Selama ini kami mengolah lahan pertanian dengan cara tradisional. Dengan tangan dan alat seadanya yang sangat sederhana. Dengan bantuan ini tentu kami sangat terbantu. Terima kasih Bu Dewi dan Pemprov Kepri,” ujar Harni singkat.

Kegiatan penyerahan bantuan Kultifator dan Handtractor tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Pemprov Kepri, Ahmad Ihzar. (RK/OP)