Selasa, 5 September, 2017 11:59 pm

Kumpul Dana dan Salat Ghaib dari Tanjungpinang untuk Rohingya

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG — Puluhan organisasi massa (ormas) di Kota Tanjungpinang membentuk Forum Relawan Peduli Rohingya Kota Tanjungpinang. Dua agenda utama yang akan dilakukan adalah menggelar aksi penggalangan dana untuk membantu etnis muslim Rohingya dan menggelar sholat ghoib.

Dalam pertemuan yang digelar di Kedai Kopi Ame, Batu 8 Atas, Tanjungpinang, Senin (4/9/2017) malam, puluhan ormas yang hadir bersepakat untuk menunjukkan keberpihakan terhadap etnis muslim Rohingya yang menjadi korban pembantaian dan pengusiran di Myanmar.

Adapun bentuk keberpihakan tersebut salah satunya adalah dengan membuat wadah Forum Relawan Peduli Rohingya Kota Tanjungpinang. Forum ini beranggotakan puluhan Ormas di Kota Tanjungpinang.

Terpilih sebagai Ketua Presidium Forum adalah Ustadz Ahmad Fauzi Armandaris, yang merupakan pengasuh Pondok Pesantren Ad-Jakfarnon Tanjungpinang dan sekaligus Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri

Baca juga :  Menko Kemaritiman Terus Dorong Pemanfaatan Sektor Maritim Kepri

Sementara perwakilan dari tiap-tiap Ormas yang hadir duduk sebagai anggota presidium forum.

Ahmad Fauzi Armandaris mengatakan bahwa masyarakat Kota Tanjungpinang mengecam aksi kejahatan kemanusiaan berupa pembantaian dan pengusiran etnis muslim Rohingya.

“Sebagai bagian dari solidaritas kemanusiaan, maka forum kami yang terdiri ormas di Kota Tanjungpinang akan menggelar aksi solidaritas para Rabu (6/9/2017) besok,” kata Fauzi.

Aksi solidaritas ini akan disejalankan dengan pengumpulan dana bantuan untuk etnis muslim Rohingya dan sekaligus sholat ghoib. Adapun bantuan yang didapat nantinya akan disalurkan bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Indonesia yang telah berpengalaman dan profesional dalam penyaluran bantuan kemanusiaan ke daerah konflik, termasuk di Rohingya.

Ormas yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah MUI Provinsi Kepri, Muhammadiyah, DDI, DMI, Perpat Tanjungpinang, PC NU, MUI Tanjungpinang, FPI, LBQ, FKM, KMN, Kahmi, ICMI, HMI, IKADI Kota Tanjungpinang, Generasi Fisabilillah, FKPAI, Mualaf Center, LPI, PP Khadimul Ummah, Karang Taruna, GNF, IMM, KAMMI, FSLDK Kepri, BKPRMI, Kopda Tanjungpinang, BKMT Kota Tanjungpinang, Lingkar Maiyah Tanjungpinang, Gema Pembebasan, perwakilan dari Pengurus Masjid Al Uswah, DKM R Mushallin, Al Amin, Al Baik, IPRMI, Nahdatul Wathan, dan sejumlah Ormas serta perwakilan masyarakat lainnya.

Baca juga :  Ini Pesan Sekda Kepri Kepada Atlet Pekan Olahraga Korpri

Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Maskur Tilawahyu yang turut hadir dalam pertemuan tersebut juga menyatakan dukungan dan berharap krisis Rohingya dapat segera diselesaikan, dimana hak-hak etnis Rohingya dapat diberikan kepada mereka.(RK/RS)