Jumat, 4 Agustus, 2017 11:25 pm

Maghdalena dan Askirman Asal Dumai Batal Berangkat Haji

RiauKepri.com, DUMAI — Kementerian Agama Kota Dumai, Riau, menyatakan dua orang calon haji batal berangkat ke tanah suci Makkah, yaitu Maghdalena (54) dan Askirman (62) karena gangguan kesehatan.

Kepala Kemenag Dumai Syafwan mengatakan kondisi kesehatan dua calon haji berusia lanjut ini terus menurun menjelang keberangkatan.

“Dari rangkaian tes kesehatan kondisi mereka cenderung menurun dan beresiko tinggi, sehingga tidak dimungkinkan untuk berangkat, bahkan keluarga calon jamaah juga khawatir,” kata Syafwan setelah pelepasan Kloter 7 Embarkasi Batam di Pelabuhan Pelindo Dumai, Jumat (4/8).

Pembatalan keberangkatan dua calon haji untuk menunaikan Rukun Islam kelima ini, kata dia, karena pertimbangan kesehatan Maghdalena yang mengalami stroke dan Askirman pasien gagal ginjal.

Baca juga :  Polres Pelalawan Razia di 4 Kecamatan Rawan Kecelakaan

Kondisi kesehatan calon haji menjelang keberangkatan terus dipantau tim medis melalui beberapa kali tahapan pemeriksaan menyeluruh, mulai dari fisik hingga suntik meningitis.

“Tim kesehatan haji sudah memeriksa menyeluruh kondisi jamaah agar bisa menjalani rangkaian ibadah dengan baik dan tidak terkendala sakit,” sebutnya.

Pemeriksaan kesehatan juga akan dijalani calon haji Dumai setibanya di Asrama Haji Embarkasi Batam sebagai tes terakhir dan mereka dinyatakan sehat bakal memperoleh buku kesehatan.

Sebanyak 210 anggota jamaah haji musim 2017 asal Kota Dumai bertolak ke Embarkasi Batam melalui Pelabuhan PT Pelindo I Dumai menuju Pelabuhan Sekupang Batam, dilepas oleh Wali Kota Zulkifli As.

Baca juga :  Nenek Pengusaha Asal Padang Diculik dan Dipangkung, Dibuang di Riau

Mereka tergabung dalam Kelompok Terbang (kloter) 7 Embarkasi Batam bersama calon haji asal Kabupaten Pelalawan dan menumpang kapal feri menuju Pelabuhan Sekupang Batam.

Wali Kota berharap perjalanan jamaah tidak mengalami kendala dan dapat cepat beradaptasi, baik dengan situasi dan kondisi di Tanah Suci ataupun dengan peserta haji lain.

“Semoga kita semua dapat menjaga nama baik negara dan daerah dan kembali dalam keadaan selamat, sehat serta menjadi haji mabrur,” kata Wali Kota.

Dijadwalkan mereka yang tergabung dalam Kloter 7 akan berangkat menuju Arab Saudi pada Sabtu (5/8) malam melalui Bandara Hang Nadim.

sumber: antaranews.com