Rabu, 31 Januari, 2018 7:26 pm

Mantap, di Meranti Ada Puskesmas Bertaraf Internasional

RiauKepri.com, MERANTI- Bupati Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan M.Si, melakukan peninjauan Puskesmas Tanjung Samak di Kecamatan Rangsang. Kunjungan kerja orang nomor satu di Kepulauan Meranti dan jajaran itu untuk melihat kondisi pelayanan kesehatan di Puskesmas bertaraf Internasional yang baru saja dioperasikan, Rabu (31/1/2018).

Turut mendampingi Bupati Kepulauan Meranti, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Camat Rangsang Drs. Tunjiarto, Kabag Humas Helfandi, Kepala BPBD Edy Afrizal, Kadis Kesehatan dr. Irwan Suwandi, Kadishub, Kabag Tapem, dan dan beberapa pejabat lainnya.

Dalam kunjungannya Bupati Drs. H. Irwan M.Si meninjau kontruksi bagunan Puskesmas Rangsang yang cukup megah dan melihat fasilitas kesehatan yang disediakan.

Usai melakukan peninjauan Bupati mengatakan, sudah selayaknya Kecamatan Rangsang memiliki Puskesmas yang megah, karena sebagai daerah perbatasan yang berhadapan langsung dengan negara tetangga Malaysia harus memiliki Puskesmas yang representatif atau bertaraf Internasional seperti yang dapat disaksikan kini.

“Kecamatan Rangsang ini merupakan wilayah pulau terluar Indonesia, yang berhadapan dengan  Malaysia, tentu sudah sepantasnya kita membagun fasilitas Kesehatan bertaraf internasional ini,” jelas Bupati Meranti.

Baca juga :  Satu Kamar Hotel Kuansing Terbakar

Lebih jauh dikatakan Bupati Drs. H. Irwan M.Si, pembangunan Puskesmas bertaraf Internasional ini, tak lain adalah dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat hingga kepelosok desa khususnya di Desa Tanjung Sama, Kecamatan Rangsang. Apalagi dari laporan yang diterima Bupati tingkat kunjungan masyarakat untuk berobat di Puskesmas itu cukup tinggi.

“Selama ini kondisi bangunan Puskesmas belum memadai apalagi jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan pasien yang relatif tinggi. Oleh karena itu untuk menjawab kebutuhan masyarakat kita membangun Puskesmas yang lebih besar dan representatif lagi,” ujar Bupati.

Dengan begitu diharapkan upaya Pemda dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dapat tercapai yang berujung pada peningkatan produkstifitas masyarakat dalam membangun negeri.

Saat ini Tanjung Samak telah memiliki bangunan Puskesmas yang sangat representatif, namun bangunan megah saja belum cukup, harus didukung dengan fasilitas penerangan yang memadai. “Puskesmas yang begitu megah ini juga harus didukung dengan aliran listrik yang mencukupi,” ucap Bupati Irwan.

Baca juga :  Sertijab Danlanal Tanjungbalai Karimun, Ini Pesan Danlantamal IV Tanjungpinang

Seperti diketahui saat ini masyarakat Tanjung Samak hanya bisa menikmati aliran listrik dari Pukul 17:00 sore hingga 07.00 pagi. Dari koordinasi Pemkab. Meranti dengan pimpinan PLN setempat, berharap PLN dapat melayani listrik masyarakat di Kecamatan Rangsang selama 24 jam nom stop.

“Sehingga masyarakat dapat memproleh penerangan dan pelayanan kesehatan lebih optimal,” papar Bupati.

Akhir kata Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si berhatap kedepan Puskesmas tersebut bisa menjadi Puskesmas Paripurna yang dilengkapi alat-alat kesehatan semakin baik selain itu memiliki tenaga kesehatan seperti dokter spesialis.

“Dan kita dari pihak pemerintah berusaha untuk menempatkan Dokter Spesialis agar masyarakat Meranti khususnya di Kecamatan Rangsang bisa merasakan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi,” pungkas Bupati.

Diinformasikan juga, dalam kesempayan itu Bupati Kepulauan Meranti juga menyempatkan diri mengunjungi ruang perawatan dan berdialog dengan warga yang sesang sakit untuk mendengarkan langsung masukan dan keluhan warga terkait perbaikan layanan kesehatan. (RK1/rlS)