Senin, 26 Februari, 2018 5:54 pm

Media Center Pemko Batam Terbaik Pertama Tingkat Nasional

RiauKepri.com, BATAM – Media Center Kota Batam kembali meraih penghargaan terbaik nasional dari Kementerian Kominfo RI melalui Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP). Penghargaan diperoleh Media Center Batam atas kontribusi berita terbanyak ke website infopublik.id yang dikelola Kementerian Kominfo, Rabu (21/2/2018) lalu.

“Alhamdulillah tahun ini (2018) kita dapat peringkat pertama. Terima kasih atas kerjasama tim yang membawa penghargaan ini untuk Batam,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Batam Salim, di Kantor Pemko Batam, Senin (26/2/2018)

Menurutnya, tahun ini Batam berhasil meraih peringkat pertama karena penyelenggara memisahkan antara kontribusi berita Media Center tingkat Provinsi dengan Kabupaten/Kota. Sementara tahun-tahun sebelumnya Batam selalu berada di urutan kedua, karena urutan teratas diduduki Media Center Provinsi Riau dengan kontribusi berita mencapai 2.500-an setahun.

Baca juga :  Walikota Batam Tinjau Pembangunan 4 Kelurahan di Kecamatan Batu Ampar, Ini Harapannya

Kasubdit Media Online sekaligus Ketua Panitia, Nurlaili mengatakan tahun ini penghargaan diberikan kepada 5 provinsi yang paling aktif mengirim konten berita ke infopublik.id. Sedangkan untuk tingkat kabupaten/kota diberikan penghargaan kepada 10 Media Center terbaik.

“Dan 10 media center provinsi, kabupaten/kota untuk pengirim konten foto terbanyak. Ada masukan juga, penghargaan untuk foto terbaik 2017,” ujarnya.

Penyerahan penghargaan ini dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis bagi Pengelola Media Center Daerah. Tujuan bimtek yaitu meningkatkan pengetahuan pengelola media center daerah dalam pengelolaan konten untuk media online. Serta meningkatkan kualitas dan kuantitas kontribusi berita media center daerah ke infopublik.id.

Narasumber yang dihadirkan yakni pengelola Media Center Provinsi Jawa Timur yang melaju ke peringkat II di 2017 lalu, perwakilan Kompas, Kompasiana, Pimpinan Redaksi dan redaktur Infopublik.

Baca juga :  Menteri BUMN Tinjau Sinegri Program Padat Karya di Kampung Panau Batam

“Kami sebagai penyelenggara berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas media center dan penghargaan dapat memotivasi pengelola media center untuk meningkatkan kontribusi konten,” kata Nurlaili, dikutif dari mediacenterbatam.

Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Rosarita Niken Widiastuti mengatakan media center daerah ini tidak hanya berfungsi untuk menyampaikan informasi daerah ke pusat. Tapi sebaliknya juga menjadi corong distribusi informasi dari pusat ke daerah.

“Nantinya kita akan bangun website besar indonesia.co.id. Informasi di indonesia.co.id ini kami harap bisa didistribusikan melalui portal daerah. Isinya juga kiriman dari Bapak Ibu di daerah. Kita sedang menata ulang website kita. Kami berbahagia, Bapak Ibu sudah terbiasa mengirim berita ke infopublik,” pungkasnya. (r/helmy)