Selasa, 15 Mei, 2018 3:46 am

“Melayu Ada Dalam Sumsumku”

RiauKepri.com, PEKANBARU – “Melayu ada dalam sumsumku,” ucap Wan Thamrin Hasyim, ketika menyampaikan kata sambutan pada perhelatan penabalan dirinya sebagai Datuk Seri Timbalan Setia Amanah, Senin malam (14/5/2018), di Halaman Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau. Gelar adat Datuk Seri Timbalan Setia Amanah ini diberikan kepada Wan Thamrin Hasyim sebagai Wakil Gubernur Riau dan saat ini menjabat sebagai Plt. Gubernur Riau oleh Lembaga Adat Melayu Riau.

Untuk Melayu ini, kata Wan Thamrin Hasyim melanjutkan, jangan malu mengakui dan menggunakan bahasa Melayu. Melayu memiliki kekuatan besar dalam menyatukan bangsa ini. “Mengapa harus malu menggunakan bahasa Melayu, sumber bahasa Indonesia itu adalah bahasa Melayu,” ucap Wan Thamrin dengan penuh semangat.

Baca juga :  Judi Dadu dan Sabung Ayam, 8 Warga Pelalawan Ditangkap

Dalam mewujudkan kebanggaan sebagai orang Melayu, Wan Thamrin bersama LAM Riau pun senantiasa mendengungkan Muatan Lokal (Mulok) untuk sekolah yang ada di Riau. Untuk mewujudkan hal itu, Wan Thamrin menfasilitasi Tim Mulok LAM Riau melakukan studi banding ke Pulau Jawa dan sekaligus meyakinkan Pemerintah Pusat terkait Mulok Riau ini.

“Kita terus berusaha agar Mulok ini benar-benar bisa diwujudkan di Riau. Kita senantiasa mendukung untuk hal ini, apalagi untuk pendidikan kita,” ucap Wan Thamrin.

Baca juga :  Kasihan, Kakek di Pekanbaru Ini Jiun Akibat Tabrak Lari

Selain Mulok, Wan Hasyim juga menjelaskan bahwa dirinya akan tetap memperjuangkan Provinsi Riau memiliki embarkasi sendiri untuk memberangkatkan Calon Jemaah Haji. “Riau harus memiliki embarkasi sendiri, dan saya tidak akan mundur sedikit pun memperjuangkannya,” ujar Wan Thamrin.

Tidak itu saja, Wan Thamrin juga meminta kepada Pemerintah Pusat untuk memperhatikan jalan yang ada di Riau. Banyak jalan yang rusak, menjadi perhatian Wan Thamsir. “Inilah amanah yang akan saya jalankan dengan jabatan saya sekarang ini,” ucap Wan Thamrin.

(RK2)