Kamis, 19 April, 2018 3:36 pm

Mepermudah ASN, Pemkab Inhil Dukung Program Layanan Klaim Otomatis

RiauKepri.com, TEMBILAHAN – Untuk memudahkan bagi Aparatur Sipil Negera (ASN) yang akan memasuki masa pensiun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil bekerjasama dengan PT Taspen Cabang Pekanbaru dan Bank Mandiri Syariah Tembilahan menggelar Sosialisasi Klaim Otomatis Pensiun, Kamis (19/4/2018).

Sosialisasi itu sendiri diadakan untuk memudahkan pelayanan bagi ASN yang akan memasuki batas usia pensiun dalam mengurus hak klaimnya.

Selain itu, juga untuk mengingatkan kembali ASN yang akan memasuki batas usia pensiun agar mempersiapkan diri baik secara moral maupun berkas administrasinya agar tidak terkendala saat mencapai batas usia pensiun.

“Layanan Klaim Otomatis ini berfungsi agar peserta tidak perlu ke Pekanbaru mengurusnya. Program ini mendapat penghargaan di Top 99 BUMN di peringkat 40,” jelas Pimpinan PT Taspen Cabang Pekanbaru, Refriani Roeslai.

Baca juga :  Saat ini, Api Menjulat di Belakang Mapolres Siak

Sementara itu, Pj Bupati Inhil, Rudyanto yang diwakili Plh Asisten Administrasi Umum Setdakab Inhil, Sudinoto, mengapresiasi program Layanan Klaim Otomatis ini sebagai suatu kemudahan bagi ASN yang akan memasuki batas usia pensiun, mengingat berdasarkan letak geografis, Inhil merupakan kabupaten yang paling jauh dari Ibukota Provinsi Riau tersebut.

ASN dikatakannya akan merasakan berbagai hal ketika pensiun, antara lain berkurangnya pendapatan, hilangnya rutinitas pekerjaan dan tidak adanya kewenangan bagi mereka yang memiliki jabatan.

“Namun jika hal itu sudah disadari sejak dini, masa pensiun merupakan sebuah kesenangan bahkan mungkin yang ditunggu-tunggu oleh ASN, karena lepas dari rutinitas sehari-hari dan dapat meluangkan waktu lebih lama berkumpul dengan keluarga,” ujar Sudinoto.

Baca juga :  Kegiatan Pokok Pikiran Pelalawan Rp 92 Milyar

Dirinya berpesan kepada ASN yang akan memasuki masa pensiun tersebut agar tidak ragu dan berputus asa menghadapi kondisi tersebut, tetapi hendaknya harus memiliki semangat baru untuk kehidupan yang lebih sejahtera.

“Kembangkan hobi yang tertunda akibat kesibukan saat menjadi ASN,” pesannya.

Untuk diketahui, saat ini ASN yang ada di Inhil berjumlah 7364 orang. Hampir setiap tahun ASN yang memasuki batas usia pensiun lebih kurang sebanyak 200 orang. Pada tahun 2017 jumlah ASN yang pensiun sebanyak 233 orang, tahun 2018 jumlah ASN yang pensiun diperkirakan sebanyak 228 orang, dan prediksi untuk tahun 2019 jumlah ASN yang pensiun sebanyak 214 orang.(Adv)