Selasa, 14 November, 2017 12:19 pm

Nenek Pengusaha Asal Padang Diculik dan Dipangkung, Dibuang di Riau

RiauKepri.com, ROHUL– Hj Emi (63 tahun), warga Jalan Belakang Bandar Olo Padang, Sumatera Barat, pengusaha Hotel Surya Padang, diculik. Korban juga dianiaya, kepala dipangkung dengan broti lalu dibuang di Riau, tepatnya di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).

Belakangan diketahui, tiga tersangka pelaku yang membuang korban di Jalan Kebun KUD Bumi Asih Desa Kabun, Kecamatan Kabun, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), diamankan polisi. Masing-masing tersangka, Indra Syahrial alias Indra (31) warga Jalan Panam RT 001 RW 004 Kecamatan Pekanbaru Kota,‎ Maswar alias War (45) warga karyawan Hotel Surya warga Perumahan Indo Villa Blok I No. 1 Lubeg Kecamatan Lubeg Padang, Sumbar.

Satu tersangka lainya perempuan bernama Rina (37) warga Parak Karakah RT 02 Kelurahan Kubu Dalam, Kecamatan Padang Timur, Sumbar.‎

‎Kepada wartawan, Kapolres Rohul, AKBP Yusup Rahmanto, mengatakan ketiga tersangka ditangkap pada Senin pagi (13/11/17) sekira pukul 10.00 WIB, dan sesuai keterangan korban dia diculik dan dibawa ke Kabupaten Rohul pada Minggu (12/11/17) sekira pukul 20.00 WIB.

Baca juga :  Azizie Orang yang Paling Dicari Polres Bengkalis, Apa Pasal?

Selain menangkap tiga tersangka, polisi turut menyita barang bukti, seperti‎ 1 mobil Avanza warna putih Nomor Polisi B 1637 EQQ yang dipakai untuk membawa nenek Emi ke Kabupaten Rohul. Juga diamankan dua unit handphone Nokia, serta uang Rp 50 ribu.

Kasus ini terungkap dari informasi yang diperoleh Kapolsek Kabun, AKP Masjang, dari masyarakat bahwa ada seorang perempuan mengalami luka-luka tergeletak di Jalan KUD Bumi Asih Desa Kabun.‎

AKP Masjang selanjut memerintahkan Kanit Reskrim dan anggota Polsek Kabun untuk melakukan pengecekan ke TKP, dan ditemukan Emi mengalami luka di bagian kepala dan langsung dibawa ke Klinik Panji Husada Kabun untuk mendapat pertolongan.

Dari interogasi diperoleh keterangan bahwa korban dibawa tiga tersangka pelaku dari Padang Sumatera Barat. Setibanya di Jalan Kebun KUD Bumi Asih, nenek Emi diturunkan dari mobil, sedangkan barang miliknya diambil ketiga pelaku, seperti 2 handphone, uang tunai Rp 1,5 juta, serta kunci kantor Hotel Surya Padang.

Mendapat informasi itu, Ahad malam pukul 22.00 WIB,‎ Kanit Reskrim Polsek Kabun Aiptu Ramadanus berkoordinasi dengan Polresta Padang karena pelaku akan kembali ke Hotel Surya Padang, dan mengambil barang-barang korban.

Baca juga :  Jual Obat Keras Tanpa Resep, Dua Apotek di Kampar Disegel

Hasil koordinasi, Kanit Opsnal Polresta Padang Ipda W. Sianturi langsung bergerak. Senin dini hari sekira pukul 00.30 WIB, pelaku Indra dan Rina langsung diamankan polisi setibanya di Hotel Surya Padang bersama sebuah mobil Avanza‎.

Setelah diinterogasi, kedua pelaku mengakui perbuatannya. Keduanya mengaku pelaku Mazwar merupakan otak pelaku, selaku orang yang memberikan gambaran bahwa korban menyimpan uangnya di dalam kantor Hotel Surya Padang.

Selanjutnya ketiga tersangka dibawa ke Mapolresta Padang untuk dilakukan pengamanan. Senin pagi pukul 08.00 WIB, Tim Unit Reskrim Polsek Kabun dipimpin‎ Aipda Ramadanus tiba di Satreskrim Polresta Padang, dan serah terima tersangka dan barang bukti.

“Ketiga pelaku sudah dibawa dan diamankan ke Mapolsek Kabun guna proses penyidikan lebih lanjut,” tandas Paur Humas Polres Rohul Ipda Suheri Sitorus. (RK1/*/rtc)