Kamis, 3 Agustus, 2017 8:40 am

Nyat Kadir Gandeng BPJS dalam Reses

Nyat Kadir ketika reses di Perumahan Putri Gracia Sei Temiang.

RiauKepri.com, BATAM — Tak hanya menyerap aspirasi, reses anggota DPR Komisi VI Dapil Kepri dari Partai NasDem, Drs H Nyat Kadir, juga berupaya menyajikan solusi. Setidaknya dalam reses pada masa sidang VI tahun 2016 – 2017, Nyat Kadir menggandeng pihak BPJS.

“Ini merupakan hasil serapan aspirasi pada reses-reses sebelumnya, banyak masyarakat bertanya tentang BPJS. Maka itulah, Pak Nyat Kadir berusaha untuk memberi jawaban melalui mereka yang benar-benar paham dengan masalah BPJS ini,” ujar Tenaga Ahli Nyat Kadir, Muhammad Nur SH, Kamis (04/08/2017).
Dalam dua kali reses pada masa sidang V ini, Ibu Rini dari pihak BPJS diminta tampil untuk melaksanakan sosialisasi. Pertama, reses bermuatan sosialisasi BPJS berlangsung di Tembesi, Sagulung, disusul di Rumah Makan Mak Syim, Kamis (04/08/2017). Malamnya, mulai pukul 19.30 WIB, reses dilaksanakan di Batu Ampar.
Fokus sosialisasi adalah pada BPJS ketenagakerjaan, karena BPJS kesehatan pada umumnya masyarakat sudah pahan dan bahkan sudah banyak pula yang mengikuti program tersebut. Intinya, BPJS tenaga kerja menyajikan banyak keunggulan dan kemudahan bagi masyarakat pelanggan, baik dalam proses sebagai peserta maupun klaim jika terjadi hal yang menjadi tanggungan.
Masyarakat tampak tertarik dengan program BPJS tenaga kerja ini dan sangat berharap ada yang peduli untuk membantu membayar iuran mereka. Sebulan Rp16.800 per orang dengan masa perlindungan atau masa tenggang sampai tiga bulan ke depan. “Kita akan coba carikan jalan keluar,” kata Nyat Kadir, yang disambut tepuk tangan gemuruh dari para hadirin dalam acara reses.
Nyat Kadir membenarkan banyaknya masyarakat yang mempertanyakan hal-hal terkait dengan BPJS dan sependapat dengan upaya-upaya untuk memberi pahaman lebih baik kepada masyarakat. Terutama BPJS ketenagakerjaan, misalnya, antusias masyarakat untuk memahaminya secara lebih dalam dapat ditandai dengan berbagai pertanyaan yang dilontarkan pada sosialisasi mengawali reses tersebut.
Pada masa sidang V ini, reses Nyat Kadir sudah berlangsung lima kali di tempat dan waktu yang terpisah, dimulai hari Senin (01/08/2017) siang, dilanjutkan pada malam hari di Tiban Kampung. Keesokan harinya, Selasa (02/07/2018), reses Nyat Kadir di Tembesi (Sagulung) dan Kampung Pelita (Lubuk Baja).
Hari Rabu (03/08/2017), reses Nyat Kadir dilaksanakan di perumahan Puri Gracia, Sei Temiang. Dalam kesempatan ini, Nyat menyempatkan diri meninjau beberapa tempat yang muncul dalam reses, yakni Yayasan Ya Usnaya terkait dengan uang permakanan dan kawasan perkebunan terkait dengan masalah lahan. (RK-4)
Baca juga :  Di Bintan, Gratis Periksa Kanker Serviks dan Payudara Setiap Kamis