Minggu, 20 Agustus, 2017 5:44 pm

Pagi-pagi Syamsuar Kumpulkan OPD, Ada Apa?

RiauKepri.com, SIAK– Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, pagi-pagi mengumpul sejumlah pimpinan OPD, di Balai Zamrud, komplek Adi Praja Kediaman Bupati Siak, pada Jum’at (18/8/2017) lalu. Ada apa?

Dalam pertemuan itu, orang nomor satu ini meminta kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang hadir, agar berinovasi dan berkreasi dalam melaksanakan program yang ada. Karena itu, dalam bekerja sehari-hari dituntut untuk tidak monoton ataupun rutinitas saja.

“Jangan hanya menghabiskan anggaran setiap tahun dengan program rutinitas saja, ciptakan inovasi, selain itu banyak program-program dana APBN di kementerian yang bisa kita jemput,” tegas Syamsuar.

Selain itu, kata Syamsuar, seluruh jajaran pimpinan harus aktif memimpin perubahan. Para pimpinan OPD tidak boleh terlena dengan fasilitas kantor yang diberikan kepadanya. Namun, harus bekerja keras mencari terobosan mewujudkan target-target yang diberikan, serta memimpin seluruh stafnya bekerja dalam tim.

Baca juga :  KI Riau Gagas Pertemuan KI se-Sumatra, Ini yang Hendak Dibahas

“Para pejabat yang dikasih amanah, jangan tanggung-tanggung dalam memperlihatkan kinerja masing-masing. Jadikanlah itu sebagai kekuatan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Syamsuar.

Kondisi keuangan yang tidak stabil seperti saat ini, ungkap Syamsuar, bukan menjadi alasan untuk tidak kreatif menciptakan suatu terobosan baru. Bila perlu manfaat bantuan dari perusahaan melalui program CSR-nya.

“Untuk membangun, kita harus bersinergi. Ini bisa dimulai dari jajaran OPD. Semua jajaran pimpinan harus menyingkirkan sikap ego sektoral, menghormati peran OPD lain, dan mengedepankan kepentingan publik,” ungkap Datuk Setia Amanah itu.

Baca juga :  Tokoh Pers Riau Bakal Kukuhkan Forum Pemred Riau

Dalam pertemuan itu, Bupati ditemani Sekretaris Daerah Tengku Said Hamzah, Asisten Administrasi Umum, Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra. Sejumlah pimpinan yang diundang antara lain, Kepala Bappeda, Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kadis Olahraga dan Kepemudaan, Kadis Ketahanan Pangan, Kadis Kominfo, Kadis Transnaker, Kadis Perikanan dan Peternakan, camat Siak dan Camat Mempura.

Dalam rapat itu pula dibahas mengenai, peran pemerintah daerah dalam mempersiapkan tenaga kerja yang siap pakai, segera menjalankan program smart city, kepariwisataan, pendidikan, ketahanan pangan dan pemberdayaan masyarakat serta peternakan dan perikanan. (hidayat/RK-6)