Sabtu, 29 Juli, 2017 8:35 am

Paguyuban Jambi Dikukuhkan, Nyat Kadir Sebut Peran Datok Megat Kuning

 

Berfoto bersama pengurus IKBJ Kota Batam.

RiauKepri.com, BATAM — Kedudukan Jambi terhadap Kepulauan Riau, terutama di kawasan yang berbatasan langsung, punya peranan besar. Keduanya saling mengisi, termasuk dalam pembangunan yang dilakukan nenek-moyang orang Jambi sebelum Lingga dijadikan pusat kerajaan Melayu.

“Saya dari Daik, Lingga. Maka, tak heran jika nenek-moyang kami yang dari Lingga berasal dari Jambi. Di Lingga, ada makam tokoh Jambi, namanya Datok Megat Kuning,” ujar Ketua LAM Kota Batam, Drs H Nyat Kadir, yang juga Anggota DPR RI Dapil Kepulauan Riau.

Nyat Kadir mengatakan hal itu dalam sambutannya pada acara Pengukuhan Ikatan Keluarga Besar Jambi (IKBJ) Kota Batam, Sabtu (29/07/2017), di Hotel Golden View, Batam. Tampak hadir di antaranya Gubernur Kepri Dr H Nurdin Basirun, Walikota Batam H Muhammad Rudi, dan Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar.

Baca juga :  Sekda Kepri Janji Usahakan Lahan untuk Gedung Latihan Tenis Meja

Semula tampak hadir Menteri PAN RB Asman Abnur, tetapi ia cuma berkesempatan mengucapkan selamat atas dikukuhnya pengurus IKBJ Batam. Kemudian Asman buru-buru meninggalkan hotel untuk terbang ke Pekanbaru sebelum acara di lantai 10 Golden View dimulai.

Gubernur Kepri Nurdin Basirun juga tak dapat berlama-lama mengikuti acara pengukuhan ini. Setelah memberikan kata sambutan, Nurdin Basirun pamit karena mengaku masih ada sejumlah acara yang sudah terjadwal akan dihadirinya.

Sama seperti apa yang diungkapkan Nyat Kadir, sebagai daerah serumpun dan punya jejak sejarah yang cukup kental, Kepri – Jambi harus tetap saling mengisi. Salah satu peran itu yang dapat disimak adalah pelaksanaan haji, ditandai dengan sekitar 2000 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Jambi diberangkatkan dari Embarkasi Batam.

Sementara itu Wakil Gubernur Jambi H Fachrori Umar mengingatkan warga Batam asal Jambi untuk dapat berperan secara maksimal di tanah perantauan ini sesuai dengan kapasitas masing-masing. Selain itu, jangan pula melupakan jatidiri di tempat asalnya, apalagi Kepri dan Jambi punya kultur yang nyaris tidak berbeda.

Baca juga :  Nurdin Ingin Salat Subuh Berjamaah Jadi Tradisi Orang Batam

Saat ini, masyarakat Batam asal Jambi diperkirakan tak kurang 11 ribu orang dan beberapa waktu lalu menyepakati terbentuknya IKBJ Kota Batam. Untuk periode lima tahun ke depan, Nur Muhammad dipercaya sebagai ketua, Adamrin sekretaris, dan Ricky Fahrul bendahara.

Dalam kesempatan itu, Nyat Kadir tak lupa mengingat untuk tetap menjaga keutuhan ideologi negara Pancasila dan NKRI. “Apapun bentuk organisasinya yang ada di tanah air, kelangsungan ideologi Pancasila harus dijadikan tanggung jawab bersama,” kata Nyat Kadir. (RK-4)