Senin, 26 Februari, 2018 7:16 pm

Panas “Berdenkang” tak Menyurut Semangat Warga Menyambut Syamsuar

RiauKepri.com, ROHIL– Meskipun di bawah panas berdengkang alias terik matahari yang seakan mencubit kulit, namun tak menyurut semangat 500-an masyarakat Desa Sungai Kubu, Kecamatan Kubu, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), untuk menghadiri kampanye dialogis Calon Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSI, di rumah Ketua DPD PAN Rohil, Amansyah, Senin (26/2/2018).

Kedatangan calon gubernur nomor urut 1 ini disambut dengan adat Budaya Melayu yang diawali dengan pemasangan kain sarung, kemudian dipasang tanjak.

Baca juga :  Malam Ini, Adi Atong akan Bentangkan 10 Karya Hasil Eksplorasi di Rimbangbaling

Dalam 20 meter Syamsuar melangkah ke tempat acara, di halaman rumah Amansyah, pada sisi kanan dan sisi kiri berbaris ibu-ibu rabana dengan menyanyikan lagu berjudul; “Selamat Datang.”

Langkah Syamsuar terhenti menyusul atraksi pencak silat penyambut tamu. Dua lelaki yang mengenakan baju kurung nampak membuka jurus bunga silatnya. Meskipun tak mengena alas kaki, sandal, kedua pesilat itu tetap tampak bersemgat menjalankan tugas.

Prosesi selanjutnya, Syamsuar kembali diarak ke atas panggung berukuran 5X5 meter yang berhadapan dengan tiga tenda di bagian depan dan sisi kiri serta kanan.

Baca juga :  Ratusan Warga Duri Berbondong-bondong ke Hall Arjuna, Ada Apa?

Tiba di atas pangung, sejumlah tokoh masyarakat mengupah-upah atau tepuk tepung tawo kepada Syamsuar.

“Terima kasih atas sambutannya secara adat, memasang sarung, memasang tanjak dan mendoakan saye dengan tepung tawonyo. Hal semacam ini sebelumnya juga dilakukan masyarakat Desa Pujud ketika saya bersilaturahmi di sana,” kata Syamsuar. (hidayat)