Rabu, 21 Februari, 2018 1:23 pm

Pembukaan STQ IV Pakning Asal Berlangsung Semarak dan Meriah

RiauKepri.com, PAKNINGASAL – Pembukaan  Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu ke IV Tahun 2018 di Jalan Sukajadi, Selasa malam (20/02/2018), berlangsung semarak dan meriah, diselingi dengan berbagai atrakai seni islami dan islami seperti tarian masal dan juga zapin melayu.

Acara dibuka secara resmi oleh Camat Bukit Batu Reza Noverindra diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Kemudian Pelantikan Dewan Hakim.

Dalam sambutannya Camat Bukit Batu Reza Noverindra memberikan apresiasi kepada Pemerintah dan masyarakat desa Pakning Asal,  karena begitu antusias terhadap pelaksanaan STQ ini.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Bukit Batu kami mengapresiasi Pemdes dan masyarakat Pakning Asal ini,  karena seperti yang kita lihat pada malam hari ini,  begitu ramainya warga yang hadir sehingga tumpah ruah sampai ke luar tenda,” ujar Reza.

Camat juga berpesan agar pelaksanaan STQ ini dapat dijadikan momentum untuk syiar islam dan meningkatkan rasa cinta kepada Al Quran.

Baca juga :  Catatan Diskusi Mahasiswa Sastra Indonesia FIB Unilak Tentang Puisi Sukmawati "Ibu Indonesia"

“Selain mencari bibit qori dan qoriah yang akan mewakili Pakning Asal,  hendaknya juga dijadikan ajang dakwah dan syiar Islam,  agar kita semua senantiasa mengamalkan isi kandungan Al Quran,” pesannya.

Jaswir selaku kepala Desa Pakning Asal mengungkapkan rasa senang dan bangga atas pelaksanaan STQ Desa Pakning Asal tahun ini. Karena menurutnya, sudah sejalan dengan program Pemkab Bengkalis, menumbuhkembangkan pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an, serta sebagai wadah seleksi di tingkat Desa, untuk kemudian diikutkan di tingkat Kecamatan & Kabupaten.

“STQ ini juga diharapkan mendorong pentingnya generasi muda untuk memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari, menggali, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an. Dimana minat generasi muda terhadap pengkajian Al-Qur’an saat ini cenderung melemah seiring perkembangan modernisasi, baik kualitas maupun kuantitasnya.” kata Jaswir.

Selanjutnya Ketua Panitia, M.  Hasby S. Pd menyampaikan STQ Desa Pakning Asal Kecamatan Bukit Batu Tahun 2018, diikuti masing-masing perwakilan dari 3 Dusun yang ada di Desa ini,  Adapun cabang yang dilombakan terdiri dari cabang Tilawah Anak Putra dan Putri, Tilawah Remaja Putra dan Putri, Tilawah Dewasa Putra dan Putri, Tartil Putra dan Putri.

Baca juga :  Anak Muda Rupat Ini Terplih Jadi Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bengkalis 2018 - 2023

“Alhamdulillah kita dapat melaksanakan pembukaan STQ Desa Pakning Asal dengan baik,  dan kami juga berharap masyarakat dapat mensukseskan pelaksanaannya sampai selesai beberapa hari ke depan,” tutur Hasby.

Hadir saat pembukaan Camat Bukit Batu Reza dan Istri, Danramil Bukit Batu Kapten Isnanu,  Anggota DPRD Bengkalis Azmi R Fatwa,  Febriza Luwu,  Kepala Desa dan Aparatur Pakning Asal,  Sekretaris MPC PP Bengkalis Asep Setiawan,  tokoh masyarakat dan ribuan warga yang ikut menyaksikan malam pembukaan STQ Pakning Asal ke 4. (RK4)