Selasa, 17 April, 2018 8:44 pm

Pemkab Bintan Wacanakan Kenaikan Dana Operasional RT/RW

RiauKepri.com, BINTAN — Pemkab Bintan, secara resmi menyerahkan insentif RT/RW se-Kabupaten Bintan untuk Triwulan I Tahun Anggaran 2018. Penyerahan insentif tersebut dilakukan oleh Bupati Bintan, H Apri Sujadi, S.Sos kepada setiap perwakilan RT/RW dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), serta Badan Pengawas Daerah (BPD) di seluruh Kecamatan se Kabupaten Bintan.

Besaran insentif operasional yang diterima untuk triwulan I tahun 2018 ini bervariasi. Diantaranya, operasional RT sebesar Rp1.350.000, operasional RW sebesar Rp1.350.000, operasional LPM sebesar Rp2.650.000, serta tunjangan dan operasional BPD sebesar Rp7.500.000.

Apri berharap agar operasional yang diberikan dapat memberikan manfaat dan motivasi bagi sejumlah RT dan RW guna meningkatkan kinerja sebagai ujung tombak pemerintah yang langsung berhadapan dengan masyarakat. Sehingga apa yang menjadi program pemerintah bisa berjalan dengan baik.

Baca juga :  Bupati Bintan Lantik Satgas Kebersihan dan Satgas Linmas Desa

“RT/RW merupakan ujung tombak dalam mensukseskan program pemerintah, tentunya kita harapkan hal ini dapat dijadikan motivasi dan peningkatan kualitas kinerja. Kita juga sedang mempertimbangkan untuk kembali menaikkan dana operasional bagi RT/RW ,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Ronny Kartika menuturkan bahwa besaran operasional untuk Triwulan 1 Tahun 2018 yang bersumber dari APBD Bintan khusus RT/RW yang ada dikelurahan sebesar Rp571.650.000.

“Untuk tahun ini jumlah RT/RW sebanyak 804 orang, yang terdiri dari RT Desa 298 orang, RW Desa sebanyak 114 orang, RT Kelurahan sebanyak 307 orang, dan RW Kelurahan sebanyak 85 orang,” ungkapnya Selasa (17/4).

Baca juga :  Stok Pangan Jelang Ramadan Aman, Ini Imbau Bupati Bintan

Untuk Operasional RT dan RW selain dianggarkan melalui APBD Pemkab Bintan, juga dianggarkan melalui APBDes. Pada tahun ini, selain menyerahkan dana operasional, pemerintah juga menyerahkan bantuan tas, dan perlengkapan lainnya bagi RT dan RW. Juga ada wacana untuk menaikkan tarif dana operasional RT/RW, dari Rp450 ribu perbulan menjadi Rp550 ribu perbulannya.(RK)