Rabu, 30 Agustus, 2017 8:36 pm

Pemko Batam Berhasil Perjuangkan Tambahan 3 Twin Block Rusun

RiauKepri.com, BATAM — Batam akan mendapat bantuan tiga twin block Rumah Susun (Rusun) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tambahan twin block ini rencananya dibangun di atas lahan seluas 1,5 hektare dengan anggaran diperkirakan mencapai Rp36 miliar.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan Kota Batam Herman Rozie, mengatakan rusun akan dibangun di dua lokasi padat penduduk yakni Putra Jaya dan Batamindo. “Insya Allah tahun depan pengerjaannya,” kata Herman, Senin (28/08/2017).

Baca juga :  Bangsai, Dianggap tak Transparan Bank Riau Kepri Disidang di KI

Herman mengatakan tambahan twin block ini didapat karena sebelumnya Pemerintah Kota Batam mengajukan ke Kementerian. Pengajuan dilakukan mengingat kebutuhan rusun di Batam semakin banyak.

Dengan adanya tambahan ini, maka Batam akan memiliki 33 twin block rusun. Jumlah tersebut dirasa cukup untuk menampung masyarakat berpenghasilan rendah yang ada di kawasan padat penduduk.

“Masyarakat lebih memilih tinggal di rusun karena menyewa rumah mahal. Sementara di rusun lebih terjangkau,” kata dia.

Baca juga :  Di Subuh Buta Murid SD di Inhu Terpekik Tertolong, Ini Sebabnya

Adapun biaya sewa rusun yaitu mulai dari Rp195 ribu per unit rusun per bulan. Ini termasuk biaya sewa termurah di Kepulauan Riau, bahkan Indonesia.

Ia mengatakan belum ada rencana pemerintah untuk melakukan penyesuaian tarif sewa rusun. Karena pemerintah menyadari kondisi perekonomian saat ini masih lemah. “Biaya sewa masih sama. Belum ada rencana menaikkan tarif hingga kondisi perekonomian kembali pulih,” ujarnya. (MCPKB/ Risatnum)