Selasa, 27 Februari, 2018 2:15 pm

Pemko Batam Pinjam Pakai Aset 669 Ruas Jalan BP Batam Untuk Pelebaran

RiauKepri.com, BATAM- Pemerintah Kota Batam menyiapkan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengusahaan Batam untuk pinjam pakai aset. MoU yang akan ditandatangani Selasa (27/2) ini hari memfokuskan pada aset jalan yang akan dilebarkan Pemerintah Kota Batam.

“Tadi kita bahas MoU soal pelebaran jalan. Besok tandatangan saja. Pinjam pakai untuk kami kerjakan, selama dalam proses penghibahan di Kementerian Keuangan,” kata Walikota Batam, H. Muhammad Rudi usai rapat di Kantor Walikota Batam, kemarin.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Batam Yumasnur mengatakan ada 669 ruas jalan yang dipinjam pakai melalui MoU dengan BP Batam. Titiknya tersebar di berbagai lokasi. Termasuk jalan yang akan dilebarkan di wilayah Baloi, Batam Centre, Nagoya, dan lainnya.

Baca juga :  Perindah Kota, Pemko Batamm Bangun Taman Kota di Jalur Simpang Jam-Simpang Kabil

“Sampai ke Sagulung, Batuaji, Sei Beduk. Jalan-jalan utama yang masuk kewenangan kota,”ujarnya.

Senada Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan pada prinsipnya BP Batam mendukung semua pembangunan yang dilakukan Pemko Batam. Tapi memang yang menjadi masalah selama ini lahan untuk membangun itu masih menjadi aset BP Batam.

“Asetnya (jalan) ini lagi proses di Kementerian Keuangan untuk dihibahkan ke Pemko Batam. Maka sambil menunggu, mekanismenya pinjam pakai. Dan intinya, kita sepakat pembangunan jalan di Batam sesuai ROW (right of way),” ujarnya, dikutip dari mediacenterbatam.

Baca juga :  Lima Pemural Lukis Tembok, Perindah Kawasan Nagoya

Dijelaskannya, sedangkan aset lainnya ada yang sudah sampai ke tingkat Presiden. Juga ada yang di tahap II, yakni di tingkat Kementerian Keuangan. Dan ada juga yang di tahap III, penyelesaian dokumen antara Pemko dan BP Batam. (r/indra)