Selasa, 8 Agustus, 2017 10:25 am

Pilgubri Dijadikan Syamsuar Sebagai Serana Ibadah dan Silaturahmi

RiauKepri.com, PEKANBARU–Azam yang terpasak di hati Drs H Syamsuar MSi, hanya untuk berbuat agar Riau lebih baik lagi. Serana untuk mewujudkan keinginan itu, orang nomor satu di Negeri Istana ini bertekad ikut dalam ajang pesta demokrasi lokal, Pemiliham Gubernur Riau (Pilgubri).

“Saya ingin berbuat untuk Riau, tidak ada pikiran macam-macam. Melalui jalur Pilgubri ini saya merasa inilah caranya untuk saya berbuat agar Riau lebih baik lagi,” kata Syamsuar saat bersilaturahmi dengan sejumlah dosen di lantai 6 Gedung Surya Dumai, Selasa (8/8/2017).

Keinginan untuk maju ini, sambung Syamsuar, juga upayanya untuk mengubah pola pikir masyarakat Riau, karena potensi daerah ini cukup besar hanya saja belum dikelola secara maksimal.

“Saya coba mengubah pola pikir sehingga nantinya ini menjadi amal ibadah saya. Untuk masuk pada upaya mengubah pola pikir itu serananya Pilgubri 2018 mendatang,” ucap Syamsuar.

Baca juga :  Ini Komitmen Siak, 2017 Sudah Berdiri 479 Lembaga PAUD

Pilgubri, bagi Syamsuar bukan persoalan persaiangan apalagi memburuk lawan politik. Tapi, Pilgubri dijadikannya ajang silaturahmi untuk memperkuat ukhuwah.

Saat ini, ungkap Syamsuar, setelah dia keliling 11 kabupaten/kota di Riau asparasi yang ditampung bahwa kebutuhan yang mendesak bagi masyarakat Riau itu antara lain, pebangunan infrastruktur dan lapangan pekerjaan.

Syamsuar mencontohkan, persoalan jalan di Riau yang selalu menjadi keluhan masyarakat karena cepat rusak dan sebagainya, bisa diambil sebuah kebijakan nantinya kendaraan bertonase besar tidak dibolehkan melintas. Solusinya, Riau punya sungai dan pengangkutan barang bisa menggunakan transportasi laut.

Sedangkan kebutuhan lapangan kerja, kata Syamsuar, jelas pemerintah tak bisa memenuhinya karena memang penerimaan tenaga kerja di pemerintahan tidak ada. Namun, untuk memenuhi keinginan itu berbagai peluang investasi perlu digarap semaksimal mungkin.

Baca juga :  Malam Ini, Satu Tersangka Rasuah di Riau Nginap di "Hotel Prodio"

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja itu, jelas Syamsuar, perlu adanya industri hilir yang menggarap peluang baru selain migas.

Sementara itu, untuk sekian kalinya Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Riau, Zaili Rusli, mengatakan bahwa nilai Syamsuar berhasil menciptakan keharmonisan dalam pemerintahan sehingga dia dua priode memimpin Siak bersama Alfedri.

Selain itu, banyak terobosan yang dilakukan Syamsuar sehingga menjadi rujukan Pemerintah Pusat. Baik itu dibidang pelayanan maupun pendidikan. (RK1)