Selasa, 30 Januari, 2018 2:02 pm

Polda Kepri Tangkap 2 Tersangka Berikut 66 Kilogram Sabu

RiauKepri.com, BATAM- POlda Kepri berhasil mengungkap dua pelaku/tersangka tindak pidana narkoba diduga jaringan internasional dan antar provinsi. BW (27) dan ZA (28) ditangkap di DMB, sebuah Cargo di Bandara Internasional Hang Nadim, Batam, Kepri, dua hari lalu.

Bersama kedua tersangka tersebut juga diamankan narkotika jenis sabu seberat 66 kilogram, mereka kini mendekam di sel tahanan POlda Kepri guna pemeriksaan lebih lanjut. Salah seorang rekan pelaku sedang diburu aparat kepolisian dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Kapolda Kepri Irjen Pol Didid Widjanardi, menunjukan 2 pelaku yang berinisial BW (27) dan ZA (28) yang berhasil ditangkap Subdit II Direktorat Resnarkoba Polda Kepri serta barang bukti yang ditemukan berupa 4 Karton berisi 16 bungkus Deterjen Boom Power.

“Dimana setiap bungkus detergen boom super berisi 3 sampai 4 teh cina yang berisikan Serbuk Kristal yang diduga sabu.Total ada 62 bungkus teh china dengan berat bruto 66.043 gram atau 6,6 Kg Sabu,” kata Didid kepada awak media pada jumpa pers, di Mapolda Kepri, Batubesar, Nongsa, Batam.

Menurut Didid, selain itu barang bukti lain yang ikut diamankan bersama kedua tersangka yaitu 3 unit Handphone, 4 lembar KTP asli an. BW dan KTP palsu an. AS, an MS dan an. FL bin Endri Mardianto (milik BW) dan 3 buah KTP An. Z.

Baca juga :  Menteri BUMN Tinjau Sinegri Program Padat Karya di Kampung Panau Batam

“Kronologi penemuan barang bukti yang berawal dari tindakan pemeriksaan X-Ray oleh Petugas Bea Cukai di Cargo Bandara tanggal 16 Januari lalu pukul 10.15 wib, ditemukan BB Narkotika diduga Sabu pada 2 koli atau 4 Kardus barang Expedisi milik PT. IDL Batam yang belum diketahui siapa pemiliknya dengan alamat tujuan pengiriman yaitu PT. DC, JI. Pancoran 2 No 3 Jakarta Selatan,”ujarnya.

Selanjutnya, kata Didid, Petugas Direktorat Reserse Narkoba Polda Kepri dan Petugas Bea Cukai Batam berangkat ke Jakarta untuk melakukan penyelidikan. Kemudian pada hari Jumat (19/1/2018) pukul 13.40 WIB, petugas melakukan penangkapan terhadap Tersangka BW dan Tersangka Z yang datang ke Gudang PT DC Jl. Pancoran 2 No 3 Jakarta Selatan.

“Pelaku datang untuk mengambil 4 Kardus Detergen BOOM POWER yang berisi 62 paket Bungkus Narkotika Jenis shabu dengan berat kurang lebih 66.043 gram,”jelasnya.

Baca juga :  Edarkan Sabu, 2 Pria Ini Ditangkap Polisi Dalam Gubuk

Dijelaskannya, berdasarkan keterangan 2 orang tersangka tersebut mengaku bahwa tersangka akan dibayar jika mengambil barang tersebut dari Gudang PT. DC Jakarta atas perintah dan arahan pelaku berinisial B yang kini masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

“Terhadap dua pelaku kini kita jerat Pasal 114 ayat (2) dan atau Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia No.35 Tahun 2009 tentang narkotika,” tukasnya.

Dalam memberikan keterangan pengungkapan tindak pidana narkoba jenis sabu puluhan ton ini, Kapolda Kepri didampingi Direktur Resnarkoba Polda Kepri, Direktur Reserse Krimanal dan UMum, Kabid Humas Polda Kepri, Kapolresta Barelang, Kabid Dokkes dan Kabid Propam Polda Kepri.

Selain itu, orang nomor satu dipolda Kepri ini, didamping Kepala Kantor Pelayanan Umum Bea Cukai Batam dan Kabid Penindakan Bea Cukai Batam, Kepala BNNP Kepri, Kepala Avsec Bandara Hang Nadim, Kepala Direktorat Pengamanan BP BP Batam dan Kepala BUBA Bandara Internasional Hang Nadim Batam. (r/helmy)