Selasa, 25 Juli, 2017 8:11 am

Ramon Damora Ramaikan Malam Budaya Manusia Bintang, Jakarta

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG – Tokoh Nasional, Oesman Sapta Odang, yang akrab dipanggil OSO, memastikan diri hadir dalam acara Malam Budaya Manusia Bintang di Hotel Aryaduta, Jakarta, Sabtu (26/7) mendatang. Dari Kepri, Ramon Damora ikut menyemarakkan perhelatan tersebut.
Malam Budaya Manusia Bintang merupakan perhelatan rutin sebulan sekali yang digagas kelompok Rakyat Merdeka Online (RMOL), perusahaan media siber berbasis berita politik pertama di tanah air.
Seperti biasa, Malam Budaya yang dilandasi semangat merawat keindonesiaan dan kebhinnekaan itu menampilkan kolaborasi Tokoh Bangsa dan Seniman Nasional, sesuai tajuk yang sedang diusung.
Pemimpin Umum RMOl, Teguh Santosa, mengatakan, akhir pekan ini Malam Budaya mengangkat tema “Tribute to Feril”. Feril Nawalk, atau sering disapa Bung Feril, tak lain wartawan politik senior ibukota.
Malam Lebaran lalu, jurnalis pendiri Forum Diskusi Wartawan Politik ini meninggal dunia di usia 45 tahun. “Semua masih tak percaya Bung Feril meninggalkan kita. Dedikasinya membela rakyat, membekas dalam  dan menular,” kata Teguh.
Ia menjelaskan, Tokoh dan Seniman  yang diundang mengisi Malam Budaya Manusia Bintang “Tribute to Feril” ialah mereka yang terinspirasi oleh kegigihan dan keluwesan Feril Nawalk dalam menghayati profesi jurnalistiknya.
Untuk Tokoh Nasional, sebut Teguh, nama yang langsung muncul di benak siapa lagi kalau bukan OSO. OSO bersahabat baik dengan alm Feril. OSO merupakan bintang politik paling terang di Indonesia saat ini. Feril selamanya akan dikenang sebagai bintangnya wartawan politik.
“Dulu kalau melihat almarhum kongkow dengan OSO, pasti besoknya ada kegemparan besar di jagat politik kita,” kenang Teguh yang juga Ketua Umum Media Siber Indonesia (SMSI) ini
Di Malam Budaya nanti, OSO akan memberikan tali kasih untuk keluarga Feril. Waktu Feril meninggal, OSO juga datang ke rumah duka. Persahabatan dua manusia bintang yang tak pernah lekang.
Bintang Tanah Melayu
Adapun dari kalangan Seniman Nasional, kata Teguh Santosa, di antaranya menghadirkan bintang Tanah Melayu yang namanya sering bikin rancu orang Jakarta. Ramon Damora.
Sebut nama Ramon Damora di lingkungan orang kreatif, biasanya disusul pertanyaan, ini Ramon Damora wartawan atau Ramon Damora sastrawan?
“Dulu saya pun mengira dia dua orang berbeda, karena dalam dua ranah yang berlainan itu sama-sama mengakar kualitasnya,” urai Teguh.
Ia mengajak publik Jakarta, terutama yang berasal dari Tanjungpinang, tanah bakti Ramon Damora, menyaksikan aksi panggung tokoh muda Melayu yang tengah diusung komunitas pers Kepri sebagai bakal calon wako Tanjungpinang ini, Sabtu (29/7), di Hotel Aryaduta, Jakarta, membacakan puisi mengenai balada seorang wartawan yang rela mati membela rakyatnya. (RK/AR)
Baca juga :  Rapat Paripurna APBD-P Kota Tanjungpinang Tahun 2017