Rabu, 19 Juli, 2017 2:30 am

RBF Orang Dekat Gubri? Ini Jawaban Kepala BKD Riau

Kapolres Metro Jakarta Timur, Kombes Andry Wibowo, menunjukkan barang bukti narkoba menyusul ditangkapnya oknum PNS Riau (f.ist)

RiauKepri.com, PEKANBARU — Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau, Ihwan, membenarkan bahwa oknun PNS yang diamankan terkait kasus Narkoba oleh Satuan Reskrim Narkoba Polres Metro Jakarta Timur, adalah PNS yang sehari-hari bertugas di Sekretariat. Dia juga tak membantah bahwa tersangka RBF adalah Kasubag ULP Provinsi Riau.

‘Ya, kita memang sudah mendapat informasi bahwa oknum PNS di lingkungan Pemerintahan Provinsi Riau ditangkap terkait kasus Narkoba. Karena ini adalah tindakan pidana psikotropika, tidak ada pertolongan hukum yang kita berikan. Kalau sudah kasus Narkoba kita angkat tangan,’ kata Ihwan ketika dikonfirmasi lewat telepon genggamnya, Selasa (18/7/2017) petang.

Ihwan mengaku, dia tidak mengetahui rekam jejak tersangka selama menjadi PNS. Alasannya, karena Ihwan baru saja menjadi kepala BKD Riau. Begitu juga terkait tabiat RBF selama ini. ‘Saya tak tau rekam jejak yang bersangkutan karena saya masih baru di BKD. Saya juga tidak tau dan tak pernah dengar adanya isu bahwa yang bersangkutan sebelumnya terlibat penggunaan Narkoba,’ ucap Ihwan.

Maaf, mungkin pertanyaan saya agak menyinggung tapi di kalangan masyarakat menyebutkan, bahwa RBF adalah orang dekat Gubernur Riau (Gubri)? ‘Orang dekat dalam artian apa? Yang jelas, sebagai anak buah dan gubernur adalah pemimpin, kita harus dekat. Kita harus tunjukkan loyalitas kita. Kalau dekat dalam hal lainnya, saya tidak tau,’ jawab Ihwan.

Sejumlah informasi yang berhasil dihimpun, diketahui RBF sempat mengadikan diri di Pemerintah Kota Pekanbaru. Selanjutnya, oknum PNS ini pindah ke Medan. Tak lama kemudian dia dipercaya sebagai kepala penghubung Provinsi Riau di Jakarta. Sejak Annas Makmun-Arsyadjulinadi Rachman memimpin Riau, yang bersangkutanpun pindah ke Riau bertugas di sekretariat.

RBF juga diketahui anak orang hebat di Riau ini, orang tuanya yang sudah meraih gelar profesor pernah tercatat sebagai guru besar di salah satu universitas ternama di Riau ini. Karenanya, begitu RBF diamankan Satuan Reskrim Narkoba Polres Metro Jakarta Timur bersama lima rekannya saat pesta Narkoba diduga sabu-sabu, Minggu (16/7 2017), sekitar pukul 23.00 WIB, sejumlah orang dekatnya tersentak dan heboh. (RK1)