Selasa, 22 Agustus, 2017 12:00 am

Saat Rekercab PP di Bengkalis, Anggota KOTI Akan Dilatih Kemeliteran

RiauKepri.com, BENGKALIS – Pengurus Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Bengkalis, Senin (21/8/17) menggelar Rapat Kerja Cabang (RakercaB-) di Aula Gedung Daerah, Jalan Jenderal Sudirman-Bengkalis.

Hadir dalam pembukaan Rakercab tersebut, Ketua MPC Provinisi Riau H. Frans Rizal, dan Ketua Korcab MPW Riau Arizal, Bupati Bengkalis atau yang mewakili dan seluruh ketua PAC dan ranting serta tamu undangan lainnya.

Ketua MPC PP Kabupaten Bengkalis Riki Rihardi ketika diwawancarai sejumlah Wartawan usai Rakercab menyampaikan bahwa Pemuda Pancasila yang terbentuk di Kabupaten Bengkalis merupakan masih baru.

“Kita masih baru, tapi bagaimana organisasi pancasila yang seutuhnya dan ormas yang terbaik, selama ini di Bengkalis, kita hanya mengenal nama, tetapi tidak ada wujud. Disamping itu kita ingin Pemuda Pancasila di Kabupaten Bengkalis ada Nama dan wujudnya, demi perkembangan pembangunan,” ungkap ketua PP Bengkalis Riki Rihardi.

Dia melanjutkan, untuk Komando Inti (KOTI) setelah pertemuan ini, nanti dilanjutkan dengan Rakercab, untuk mempersiapkan anggota KOTI melaksanakan Diklat yang akan dibina Kodim 0303 Bengkalis.

“Diklat ini sebagaimana yang sudah tertauang dalam AD RT Pemuda Pancasila. Untuk pendidikan KOTI ini sendiri akan dilatih dari Kodim 0303 Bengkalis, kami akan bekerjasama dengan mereka,”katanya lagi.

Dalam hal ini, ungkap pria berpawakan gemuk tersebut, dikarenakan KOTI banyaknya berada di Kecamatan Mandau, maka KOTI disana akan dilantik dengan Koramil disana.

“Selain di Mandau dan Pinggir, kita juga akan meminta bantuan ke Kodim 0303 Bengkalis untuk diadakan, kegiatan dan pelatihan terhadap KOTI Bengkalis,”ungkapnya.

Sedangkan untuk anggota PAC Pemuda Pancasila di kabupaten Bengkalis yang sudah tergabung sebanyak 650 orang. Tetapi untuk diketahui bersama banyak temen-temen PP yang sudah memiliki baju tetapi belum memiliki KTA.

“InsyaAllah secepatnya, kita akan terus berusaha bagaimana KTA kawan-kawan ini sebagai anggota pancasila ini supaya terselesaikan. Dalam hal ini tentunya harus disiapkan KTAnya masing-masing,”ungkapnya lagi.

Terpisah, Ketua Kordinator cabang MPW Provinsi Riau untuk Kabupaten Bengkalis Arizal mengatakan bahwa kegiatan ini sangatlah positif bagi Pemuda Pancasila kabupaten Bengkalis untuk kedepannya.

“Ini sangat betul betul Positif, guna adanya pokok-pokok pikiran, apa yang akan dilaksanakan MPC Pemuda Pancasila kedepannya. Dan ini akan ditetapkan pada Rakercab nantinya,”kata Frans Arizal.

Diutarakan Arizal lagi, rapat kerja ini juga, menentukan program kedalam maupun program keluar secara external. Kemudian pokok pokok pikiran Pemuda Pancasila ini keluar untuk bisa membantu pembangunan Bengkalis secara menyeluruh.

“Bagaimana kontribusi pemuda pancasila dalam mengisi pembangunan tersebut, kemudian dalam pembinaan, secara internal itulah Rakercab ini menentukan, kapan dan apa yang harus ditetapkan untuk tiga tahun kedepan oleh MPC kabupaten Bengkalis ini,”ujar Arizal lagi.

Untuk anggota Komando Inti (KOTI) yang sangat diharuskan untuk melaksanakan Diklat tersebut, akan dilatih dasar dasar kemeliteran. Sebagai dasar dari pendidikan kaderisasi untuk menuju pendidikan yang lebih tinggi lagi.

“Nah itu adalah internalnya, yang dimana MPC juga harus membentuk lembaga-lembaga disetiap jenjang seperti yang tercantum didalam ad rt. Jadi hal ini KOTi harus mempersiapkan anggota untuk diberikan pendidikan dan pelatihan ini dan akan dilatih oleh institusi yang khususnya melatih dasar kemeliteran,”imbuhnya. (RKB)