Sabtu, 12 Mei, 2018 11:29 am

Sardison: Daerah Percepat Penyaluran Dana Desa

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (PMD-Dukcapil) Provinsi Kepri Sardison mengatakan percepatan penyaluran dana desa 2018 terus digenjot pemerintah. Keseriusan tersebut ditunjukkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dengan mengumpulkan para bupati dan walikota seluruh Indonesia dalam rangka percepatan penyaluran dana desa tersebut.

“Tolong percepat penyaluran dana desanya, paling tidak tujuh hari disalurkan ke desa setelah dari pusat cair ke daerah,”ungkap Sardison, menirukan ketegasan Menteri Kemendes PDTT Eko, saat memberikan arahan pada acara Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Penyaluran Dana Desa Tahun 2018 di Jakarta, kemarin.

Baca juga :  Galakkan Gernas Baku, Ulfa Hengki dan Liana Muji Kunjungi TK Kemala Bhayangkari di Perbatasan

Eko menambahkan, kata Sardison, dengan cepatnya penyaluran dana desa, maka pembangunan dengan menggunakan skema padat karya tunai dapat segera direalisasikan. Orang nomor satu di Kementerian Kemendes PDTT itu mengingatkan agar 30 persen dari pengerjaan proyek dana desa harus dialokasikan untuk upah pekerja. Program tersebut, akan meningkatkan daya beli masyarakat.

‘Pembangunan ribuan kilometer jalan dan pembangunan infrastruktur lainnya yang memberikan dampak adalah buah kepemimpinan serta kerja keras bupati, walikota dan kepala desa. Begitu juga dengan penyerapan dana desa meningkat dari 83 persen menjadi 99 persen. Kepala daerah telah membuktikan bisa mencetak sejarah baru,” ujarnya Menteri optimistis.

Baca juga :  Gubernur Lantik 4 Pejabat Tinggi Pratama dan 13 Pejabat Administrator

Menurut Sardison, Menteri Eko meyakini, program dana desa adalah sebuah cara di era pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mendesentralisasikan pertumbuhan ekonomi. Dana desa dapat ditambah tergantung kesiapan penyerapan pemerintah desa.

“Tahun depan Presiden menghimbau untuk dinaikkan (dana desa), apakah desa-desa siap?,” tanya Menteri Eko yang langsung dijawab dengan “Siap” oleh peserta yang hadir. (r/helmy)