Senin, 14 Agustus, 2017 8:58 am

Sebar “Virus” Berkesenian, Bengkel Kreasi Production Tembilahan Bawa Pentas Seni Keliling Kampung

RiauKepri.com, PEKANBARU – Berkesenian bukan hanya terpusat di gedung pertunjukan yang mewah dengan peralatan pertunjukan yang lengkap. Ke kampung-kampung dengan peralatan seadanya juga dilakukan pada hari ini. Bagiamanapun juga, karya seni yang dihasilkan adalah upaya seniman untuk menyeimbang hidup bagi masyarakat, baik itu sebagai hiburan maupun untu penyampai pesan. Ketika di kota, kesenian sebagai tontonan alternatif, di kampung pertunjukan seni menjadi sesutu yang ditunggu-tunggu.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa karya seni yang dihasilkan merupakan respon seniman yang didapat dari peristiwa yang terjadi di tengah masyarakat. Kata kuncinya adalah; karya seni dari masyarakat dan untuk masyarakat. Agar karya seni ini dapat dinikamti masyarakat banyak salah satunya adalah dengan menaja pementasan kelilng kampung. Hal inilah yang dilakukan beberapa anak muda di Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir, yang tergabung dalam Bengkel Krasi Production.

Baca juga :  Akhirnya, PT RAPP Janji Patuhi Perintah Menteri

Dengan menggunakan biaya sendiri, hasil dari sumbangan anggota, Bengkel Kreasi Production menjalankan keinginan mereka mengelilingi kecamatan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir. Tidak main-main, mereka akan melakukan pementasan seni keliling kampung ini di 20 tempat. Selain pergelaran seni pertunjukan, mereka juga menaja workshop seni di tempat mereka singahi.

Pementasan pertama mereka laksanakan di Kecamatan Tanah Merah, Sabtu (12/8/2017). Gayung bersambut, perhelatan Pentas Seni Keliling Kampung di Tanah Merah mendapat sambutan yang meriah dari masyarakat. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat menyaksikan perhelatan seni ini.

“Terimakasih pihak pihak yang telah membantu. Terimakasih masyarakat tanah merah. Apresiasi masyarakat menjadi suntikan semangat untuk kami terus bergerak ke tempat tempat lain menyebarkan semangat berkebudayaan berkesenian. Tunggu kami di kecamatan berikutnya. Pentas Keliling Kampung berikutnya di Sapat, Kecamatan Kuala Indragiri,” ucap Boboy Saipudin Ikhwan, Ahad (13/8/2017).

Baca juga :  Tekad Bufon di Dinding Batu, Membuat Syamsuar Terharu

Boboy menambahkan bahwa perhelatan Pentas Keliling Kampung ini adalah upaya membangkitkan semangat generasi muda di bidang kesenian. Selain itu, kata Boboy, apa yang mereka lakukan hendaknya dapat menjadi ‘virus’ berkesenian di daerah-daerah ini.

“Pada perhelatan ini kami menggelar pementasan teater, baca puisi dan pementasan musik akustik. Inilah yang baru dapat kami lakukan, mudah-mudahan berfaedah bagi semuanya,” ucap Boboy. (RK2)