Selasa, 29 Agustus, 2017 7:39 am

Sekda Kepri Titip Masalah Pada Dewan Ketahanan untuk Presiden

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG — Sekdaprov Kepri, H TS Arif Fadillah berharap Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) menyampaikan segala permasalahan Kepri kepada Presiden. Dengan harapan segala permasalahan itu mendapat solusi cepat dan terbaik.

“Sebagai lembaga yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden RI, kami berharap permasalahan yang ada di Provinsi Kepulauan Riau bisa disampaikan kepada Presiden RI untuk dicarikan solusi terbaik,” ujar Arif saat menerima Tim Wantanas di Ruang Rupatama Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Senin (28/8).

Arif menyampaikan banyak hal tentang Kepri. Sebagai daerah yang berbatasan dengan sejumlah negara, Kepri punya posisi strategis. Di satu sisi posisi itu memberikan dampak positif terutama dalam konteks ekonomi. Namun, tidak dapat dinafikan juga dapat memberi dampak negatif terutama dari aspek keamanan dan ketahanan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya maupun pertahanan dan keamanan.

Baca juga :  Guru di Dayun "Semangat Menembus Langit"

“Itulah sebabnya Kepulauan Riau selalu dijadikan barometer nasional terutama dalam membangun stabilitas politik dan keamanan,” kata Arif.

Arif juga menyampaikan tentang masalah terkini di Provinsi Kepulauan Riau yaitu meyangkut perlambatan ekonomi dualisme kepemimpinan di Batam. Banyak upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepri untuk meningkatkan perekonomian Kepri.

Sementara itu Ketua Tim Dewan Ketahanan Nasional Bridgjen TNI Robert R. Lumempouw mengatakan agenda kunjungan kerja kali ini, selain silaturahmi dengan jajaran Pemerintah Provinsi Kepri juga untuk mendapatkan informasi aktual terkait dengan ketahanan nasional di daerah meliputi aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan, dan hukum serta permasalahan yang menonjol dalam rangka merumuskan kebijakan strategis kepada Presiden RI.

Baca juga :  "Kaki Botol" di Inhil Tikam Anggota Satpol PP Berulang Kali

“Ini bagian dari program kerja Setjen Dewan Ketahanan Nasional RI dalam bidang pengkajian daerah, khususnya di Provinsi Kepulauan Riau. Apapun permasalahan di Kepulauan Riau akan kami sampaikan ke Presiden dan semoga ada kebijakan dari Pemerintah Pusat yang bisa membuat Kepri lebih maju dan sejahtera,” ungkapnya.

Selain itu dalam kunjungan ini dirinya menekankan pentingnya menjaga kerukunan antar umat beragama sebagai salah satu aset penting dan harus dipertahankan oleh masyarakat. Semua pihak diharap dapat menahan diri menciptakan suasana kondusif. Jangan terpecah belah.(RK/HMS)