Minggu, 20 Agustus, 2017 2:32 pm

Semarak, Puncak Perayaan Hari Kemerdekaan di Batam Kota

RiauKepri.com, BATAM — Lapangan sepak bola Lagenda Malaka, Baloi Permai, Batam Kota, hampir penuh terisi oleh warga yang mengikuti berbagai kegiatan bersempena dengan perayaan hari kemerdekaan Indonesia ke-72, Minggu (20/08/2017). Mereka pada umumnya mengenakan pakaian merah-putih.

Dimulai pukul 06.30 WIB, awalnya warga mengikuti senam bersama, dipandu oleh tiga instruktur. Setelah itu, gerak jalan santai dengan berbagai hadiah door prize yang menarik, seperti sepeda motor, sepeda kayuh, kulkas, televisi, dan sejumlah barang elektronik lainnya.

Amsakar Achmad dan isteri, Erlita, ikut dalam senam bersama.

Gerak jalan santai dilepaskan secara resmi Wakil Walikota Baram Amsakar Achmad, yang antara lain didampingi Camat dan Kapolsek setempat. Menyisip pada pencabuan undian door prize gerak jalan santai tersebut, dilaksanakan lomba senam maumere yang diikuti delapan regu ibu-ibu.

Puncak perayaan hari kemerdekaan tingkat Kecamatan Batam Kota tahun ini ditandai hujan, yang mulai turun bersamaan dengan ketibaan Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, beserta isteri. Tapi bak prosesi penyambutan tamu kehormatan, karena tak lama kemudian hujan pun mereda sehingga acara dapat dilanjutkan kembali.

Baca juga :  Sekda Buka Penyuluhan Bahaya Narkoba Pelajar SMU, 4 Anak Buahnya?
Menyisip perayaan hari ulang tahun Ketua RW Perumahan Oma, Fitra

Kali ini, senam bersama setelah hujan, diikuti Amsakar beserta isteri dan para tamu kehormatan lainnya. Baru kemudian serimonial di atas panggung, seperti menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa, yang diikuti dengan saksama para hadirin.

Di sela-sela memberikan kata sambutan, Amsakar mengajak warga untuk meneriakkan yel-yel terkait dengan hari kemerdekaan, diikuti gerakan yang senada. Misalnya yel “Indonesia di mataku”, posisi kedua telapak tangan diletakkan di depan wajah dan dilanjutkan dengan gerakan membuka. Bila yel-yel “Indonesia di dadaku”, tangan kanan menyilang mencecah dada kiri.

Amsakar mengingatkan seluruh warga Batam untuk memperkuat kebersamaan agar tercipta kondusifitas seperti mana yang diingini. Warga juga diminta untuk berpartisipasi mencegah bahaya gerakan radikal sesuai dengan kapasitasnya masing-masing, tak terkecuali terhadap kemungkinan upaya-upaya teror yang dapat membuat kekacauan.

Baca juga :  Irwan Meradang, Siapkan Sanksi Pemecatan 4 PNS Pesta Narkoba

Setelah acara serimonial menunggu ketibaan peserta gerak jalan di lapangan sepak bola, sempat dilaksanakan perayaan kecil hari ulang tahun Ketua RW di perumahan Oma, Fitra, berupa tiup lilin dan pemotongan kue. Menariknya, Fitra merupakan Ketua RW yang baru terpilih Sabtu malam (19/08/2017) dengan kemenangan telak.

Pada tahun ini, seluruh Ketua LPM se-Kecamatan Batam Kota terlibat sebagai panitia. Mereka juga bergerak mencari sponsor pengadaan hadiah dan untuk kebutuhan lainnya, termasuk sepeda motor sebagai hadiah utama yang dipersembahkan oleh LPM Sungai Panas.

Sementara itu, untuk juara lomba senam maumere disediakan hadiah uang tunai. Mulai dari juara satu sampai juara tiga, semuanya disabet regu ibu-ibu dari Kelurahan Baloi Permai. Mereka dinilai memang layak untuk meraih gelar juara karena tampil bagus.

  • Risatnum