Selasa, 22 Agustus, 2017 11:51 am

Siak dan Kuansing MoU Soal Pariwisata, Kepri Sudah Dijajaki

RiauKepri.com, PEKANBARU-Jika tak meleset, malam ini, Selasa (22/8/2017), Kabupaten Siak dan Kuansing akan menanda tangani kesepakatan MoU terkait dunia pariwisata.

“Dalam MoU itu nantinya ada kesepatakan kerja sama mempromosikan objek wisata masing-masing daerah,” kata Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, saat serapan pagi di Yong Bengkalis, Jalan R Supratman, Pekanbaru.

Teknis promosi wisata ini, jelas Syamsuar, adanya paket perjalanan wisata. Jika pelancong datang ke Siak, maka ditawarkan juga ivent-ivent wisata dan destinasi wisata di Kuansing. Begitu juga sebaliknya, Kuansing akan melakukan hal yang sama mempromosikan objek wisata dan ivent wisata di Siak.

Baca juga :  Sempat Redup, Wisata Kampung Lepan Akan Digairahkan Kembali

Selain Kuansing, kata Syamsuar, kerja sama juga sedang dijejaki negeri istana ini dengan kabupaten/kota yang ada di Riau. Bahkan, Syamsuar juga sedang melirik kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau serta kabupaten/kota yang ada di provinsi yang berinduk di Riau ini.

“Kita sudah menjejaki kerja sama dengan Kepri, saya sudah bertemu dengan Gubernur Kepri untuk membicarakan kerja sama pariwisata,” beber Syamsuar.

Antara Siak dan Kepri, ucap Syamsuar, punya keterikatan historis tentang kejayaan kerajaan Melayu Islam. Bagi pelancong, jika hanya datang ke Kepri maka sejarah yang diketahui akan terpotong bila tidak ke Siak. Begitu juga sebaliknya.

Baca juga :  Manfaatkan RDM Sebagai Media Promosi Potensi Pariwisata Bintan

“Konsep pariwisata itukan mengunjungi suatu tempat ke tempat lainnya, pelancong berkeliling. Makanya perlu promosi dan kerja sama sehingga paket wisata ini bisa kita jual,” kata Syamsuar.

Kepulauan Riau, kata Syamsuar, termasuk destinasi Nasional yang jumlah kunjungan wisatawan mancanegara cukup besar sehingga dari kunjungan ke Kepri diharapkan ada limpahannya ke Siak

Jika kerja sama ini berjalan, Syamsuar menyakini, meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab, hasil dari pariwisata ini langsung bisa dirasakan masyatakat, terutama pedagang kecil dan UMKM.(hidayat)