Selasa, 8 Agustus, 2017 10:27 am

Siak Nyatakan Dukungan Penataan Block Hutan Suka Margasatwa

Wakil Bupati Siak, Alfedri.

RiauKerpri.com, PEKANBARU– Wakil Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi, menyatakan dukungan terhadap rencana penataan block dan pengelolaan hutan konservasi Hutan Suka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil yang diprogramkan Bappeda Riau dan BKSDA Riau. Pernyataan dukungan ini dikemukakan dalam acara konsultasi publik penataan block pengelolaan hutan konservasi hutan SM Giam Siak Kecil, Selasa (08/08/17), di Hotel Evo, Pekanbaru.

Saat berkesempatan berbicara di depan forum, Alfedri menyadari eskalasi tekanan terhadap hutan konservasi Giam Siak Kecil setiap tahun terus meningkat. Disebutkan, hutan konservasi Giam Siak Kecil merupakan paru-paru dunia. Selain itu kawasan konservasi ini merupakan habitat bagi keanekaragaman hayati.

Baca juga :  Kordias dan Suhardiman "Bersilat Lidah," Pemicunya Foto Porno?

Karena itu, ungkap Alfedri, perlu dilakukan upaya penyelamatan hutan SM ini dalam waktu secepatnya. Sehingga hutan konservasi ini terbebas dari aksi perambahan hutan dan alih fungsi lahan. ”Program penyusunan dokumen pentaan block dan rencana pengelolaan hutan konservasi hutan SM ini adalah langkah penyelamatan yang sangat tepat untuk didukung,” kata Alfedri.

Dalam kesempatan itu, Alfedri juga menyatakan selain Pemkab Siak mendukung juga siap berperan aktif dalam upaya penyelamatan hutan SM ini. ”Kami siap berperan aktif mendukung penyelamatan hutan konservasi Giam Siak Kecil,”  ucap Alfedri.

Baca juga :  Arif Terima Divonis 1,5 Tahun, JPU Masih Pikir-pikir

Diketahui Hutan Suka Margasatwa (SM) Giam Siak Kecil, sebagian kawasannya berada dalam Kabupaten Siak. Hutan SM ini merupakan salah satu benteng hutan alam di Pulau Sumatera. Kawasan hutan ini juga merupakan “istananya” mahluk liar. Tidak hanya itu, fungsi hutan ini juga sebagai penyedia oksigen bagi kehidupan masyarakat. Oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk turut melestarikannya. (RK1)