Kamis, 27 Juli, 2017 11:54 am

Siak Raih Penghargaan Adipura dan Plakat Pasar Terbersih

Syamsuar saat menerima anugrah kabupaten layak anak.

RiauKepri.com, SIAK- Lagi-lagi Kabupaten Siak menoreh prestasi di tingkat nasional. Jika sepekan lalu meraih dua anugrah sebagai kabupaten layak anak dan pelayanan pemberian akte lahir gratis anak 2017, kali ini negeri istana ini meraih adipura sebagai kota terbersih dan plakat katagori pasar terbersih.

Diketahui, piala Adipura yang diraih Kabupaten Siak ini merupakan kali kedua secara berturut-turut, setelah tahun lalu, 2016, juga memperoleh piala adipura. Begitu juga plakat pasar terbesih untuk kedua kalinya.
Jika tak meleset, sesuai rencana penyerahan Piala Adipura dan Plakat tersebut, akan berlangsung pada hari Rabu, tanggaln2 Agustus 2017, di Istana Kepresidenan, Jakarta.
Terkait sebagai penerima adipura dan plakat untuk kedua kalinya ini, Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, kepada wartawan, Kamis (27/7/2017), mengatakan hal ini patut disyukuri karena penghargaan yang diraih berkat kerja sama semua pihak.
“Alhamdulillah. Ini prestasi masyarakat Siak dan Mempura. Masyarakatnya memang merasakan dan menjadikan Kota Siak sebagai milik mereka. Sehingga, kota ini bersih dan hijau. Semoga senantiasa terpelihara dengan baik,” ungkap Syamsuar.
Syamsuar menyebutkan, tahun  2016, penyelenggaraan Hari Lingkungan Hidup ini pertama kali diselenggarakan di luar Istana. Ketika itu, Siak menjadi daerah penyelenggaraan dan Siak menjadi satu-satunya kota di Provinsi Riau meraih Piala Adipura untuk kategori Kota Kecil.
Syamsuar mengajak semua warga Kabupaten Siak, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Tak hanya itu, warga juga diminta oleh Ketua DPD II Partai Golkar Siak itu selalu bisa memilah sampah dari rumahnya masing-masing. Sampah bernilai ekonomis, bisa dijual ke Bank Sampah.
“Selamat untuk warga Siak dan Mempura (Piala Adipura). Jangan membakar lahan atau hutan. Sayangi negeri kita untuk anak cucu yang sehat dan cerdas dimasa mendatang. Ini juga agar bisa dinikmati di masa depan lebih gemilang dan cemerlang,” ucap Syamsuar.
Selain Piala Adipura, kata Syamsuar, Kabupaten Siak juga memperoleh Plakat untuk Kategori Pasar Terbersih dari Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Wilayah Sumatera, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
“Ini merupakan kali kedua meraih plakat tersebut, sejak 2016 lalu. Penghargaan plakat diberikan tahun ini untuk pasar,” kata Syamsuar.
Secara terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Riau, Yulwiriati Moesa mengatakan, jumlah penerima Adipura di Riau untuk tahun 2017 ini meningkat.
Dijelaskan, untuk Sertifikat diraih Kota Dumai dalam kategori Kota Sedang, Kota Bangkinang (Ibukota Kabupaten Kampar), Rengat (Ibukota Indragiri Hulu) dan Pangkalan Kerinci (Ibukota Pelalawan), untuk kategori Kota Kecil.
Selain itu, kata Yulwiriati, Riau juga memperoleh Plakat, selain Pasar untuk Kota Siak, juga Terminal diraih Kota Pekanbaru.(RK-1)
Baca juga :  Di Jakarta, Syamsuar Paparkan Tahap Awal Menuju 100 Smart City