Jumat, 25 Agustus, 2017 10:15 pm

Sudah Lama Minta ke Pusat, Pemkab Bintan Akhirnya Anggarkan Penerangan Jalan Rp2,7 M

RiauKepri.com, BINTAN — Dinas Perkim Kabupaten Bintan akan memasang lampu jalan sebanyak 105 titik yang tersebar di sepanjang Jalan Lintas Barat dalam tahun ini. Upaya ini dilakukan sebagai bagian dari pelayanan penerangan sekaligus menghadirkan kenyamanan setelah sekian lama jalan tersebut rawan kecelakaan dan tindak kriminal di malam hari.

Hal itu dibenarkan oleh Bupati Bintan Apri Sujadi, Jumat (25/8).

Menurutnya, Pemkab Bintan sudah lama mengajukan permintaan kepada Pemerintah Pusat terkait lampu jalan di Kawasan Lintas Barat. Pasalnya, status Jalan Lintas Barat merupakan jalan nasional sehingga segala sesuatu perawatan jalan merupakan wewenang Pemerintah Pusat.

Baca juga :  Sukseskan Program Pemerintah, PKK Bintan Aktifkan Dasa Wisma

“Namun sayangnya, hingga saat ini permintaan lampu jalan tersebut belum juga terealisasi,” jelasnya.

Bupati Bintan mengatakan bahwa hal ini tidak boleh berlangsung lebih lama lagi. Maka akan segera dianggarkan penerangan jalan tersebut melalui APBD-P 2017 sebesar Rp2,7 Milyar.

“Penerangan di Jalan Lintas Barat sudah sangat mendesak, karena seringnya terjadi tindak kriminal di malam hari. Dan ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Perkim Kabupaten Bintan Herry Wahyu, melalui Kabid Perkim Bayu Wicaksono mengatakan bahwa untuk pembangunan lampu jalan di Lintas Barat, pihaknya berencana tidak akan menggunakan penerangan bertenaga aki, seperti yang sudah-sudah. Namun, nanti akan menggandeng PLN guna mensuplai kebutuhan listrik lampu jalan.

Baca juga :  Bupati Bintan: Antara Olahraga dan Prestasi di Sekolah Harus Sejalan

“Nantinya kita akan menggandeng PLN untuk penerangan jalan di Lintas Barat, rencananya ada 105 titik lampu yang dianggap rawan. Hal ini agar masyarakat merasa nyaman di malam hari,” tutupnya.(RK/OP)