Senin, 31 Juli, 2017 9:23 am

Sudah Paraf Tiga RPP KEK, Nurdin Basirun: Kita Tak Boleh Mengutamakan Ego

RiauKepri.com, BATAM — Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun tampak sumringah setelah perwujudan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) sejumlah daerah di Kepri semakin mencapai tahap akhir. Sabtu (29/7) siang, Gubernur Nurdin memparaf Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) KEK beberapa kawasan.
“Mohon doa masyarakat, agar segala urusan dipermudah dan berjalan lancar,” kata Nurdin, usai menghadiri Pencanangan Tahun Keselamatan untuk Kemanusiaan di Dataran Engku Putri Batam, Ahad (30/7) pagi.
Ada tiga RPP yang diparaf Nurdin. Ketiganya yaitu Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Kawasan Ekonomi Khusus Galang Batang, Rancangan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Bintan serta Rancangan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Karimun.
Setelah diparaf, proses selanjutnya tampak semakin lancar. Gubernur yakin perwujudan itu akan mempercepat dan meningkatkan perekonomian Kepri.
“Kepri akan memanfaatkan segala peluang dan potensi yang ada untuk meningkatkan perekonomian, baik lewat investasi, pariwisata dan sektor lainnya,” kata Nurdin.
Saat pemarafan itu, hadir langsung Tim KEK dari lintas kementerian. Di antaranya Elen Setiadi, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Hukum, Hujum dan Keamanan selaku Wakil Ketua II Tim Pelaksana Dewan Nasional KEK Kementerian Koordinator Perekonomian.
Hadir juga Widodo Ekatjahjana Dirjen Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan HAM serta Agustin Deputi Bidang Perekonomian Sektariat Kabinet berserta sejumlah anggota tim lainnya.
Menurut Nurdin, pihaknya akan terus mempermudah para investor untuk berinvestasi di Kepri. Karena investasi yang masuk memberi dampak nyata bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya dengan memperbanyak ketersediaan lapangan kerja.
“Segala permasalahan untuk para investor akan selalu dibantu pemerintah. Kita tidak boleh mengutamakan ego. Semua ini demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kepri,” kata Nurdin.
Kepada Tim KEK lintas kementerian, Nurdin juga memaparkan potensi beberapa daerah di Kepri. Seperti Natuna, Lingga dan Anambas yang perlu perhatian dari pusat. Terutama untuk sektor pariwisata. Pihaknya pun sudah menyampaikan hal ini kepada Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas beberapa waktu lalu.
Sabtu (29/7), Nurdin memang mendampingi Tim KEK meninjau PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) Kawasan Industri Aluminium dan Green Industri di Galang Batang Bintan. Sesampai di Galang Batang, tim yang berjumlah 16 orang itu langsung diperlihatkan masterplan PT BAI dan beberapa olahan bauksit yang sudah menjadi alumunium. Elen Setiadi menegaskan pemerintah pusat dari Satgas Nasional akan membantu para investor untuk berinvestasi. Dari segi hambatan apapun dalam perjalanannya akan dibantu.
“Kalau menteri tidak bisa menyelesaikan, Presiden yang langsung turun menyelesaikan permasalahannya,” kata Elen.(RK/Hms)
Baca juga :  Reses dengan Mubaligh, Nyat Kadir “Panen” Aspirasi