Rabu, 9 Agustus, 2017 7:24 pm

Supaya Mempermudah Akses, Banyak ASN Jadi Pengurus PMI Pelalawan

T. Nisban iLza

RiauKepri.com, PELALAWAN — Musyawarah ke-III Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pelalawan dilaksanakan hari ini, Rabu (9/08) ba’da maghrib di Hotel Grand Pangkalan Kerinci.

Ketua Panitia Pelaksana, T. Nisban iLza menjelaskan, Muskab ini akan berlangsung dari tanggal 09 sampai 11 Agustus 2017 dan diikuti peserta PMI dari 10 kecamatan. Saat ini, Ketua PMI Kabupaten Pelalawan dipegang oleh Drs. Raja Alkap sebagai Plt. Pada Muskab ke-II terpilih Drs. Marwan Ibrahim, karena ada persoalan hukum maka ditunjuklah pelaksana tugas dan sekretaris tetap dipercayakan T. Nisban iLza untuk menjalankan roda organisasi.

“Dalam Muskab III ini, kita hanya memilih ketua umum saja. Selanjutnya, dari ketua umum ini nanti akan membentuk tim formatur yang terdiri dari ketua umum terpilih didampingi 2 orang pengurus lama, dan 2 orang pengurus provinsi yang menentukan siapa pengurus PMI Kabupaten Pelalawan kedepan. Berdasarkan AD/ART yang baru susunan Kepengurusan PMI Kabupaten sebanyak 13 orang; 1 orang Ketua, 4 orang wakil, 1 orang sekretaris, 1 orang bendahara, dan selebihnya anggota,” terang T. Nisban iLza.

Ada anggapan, kepengurusan PMI Pelalawan “nota bene” kebanyakan dari kalangan ASN/PNS, dijawab T. Nisban, pengurus tidak wajib (PNS) bisa juga dari luar/profesional.

“99 persen PMI Pelalawan bersumber dari dana hibah, ya, hanya untuk mempermudah akses saja, makanya lebih dominan dari kalangan pemerintah daerah. Kalau kita lihat di Jawa rata-rata juga kebanyakan dari (PNS). Inikan hanya untuk mempermudah akses saja,” ungkapnya.

Saat ditanya calon kandidat ketua, T. Nisban iLza hanya tersenyum saja.

“Ya, informasinya ada 2 orang calon, kita berharap kalau dapat aklamasi saja, dan segera secepatnya membenahi PMI Kabupaten Pelalawan,” terangnya.

Dilanjutkan Nisban, untuk dana hibah tahun 2017 PMI dapat Rp1,2 milyar, dari anggaran belanja langsung saja Rp700 juta lebih itu tersedot biaya gaji. Saat ini PMI Kabupaten Pelalawan ada 26 orang honor (21 orang dari Unit Transfusi Darah dan 5 orang dari honor markas). Hak atau gaji honor yang mereka terima sama dengan honor pemda, Rp1,4 juta per bulan.(RK)