Senin, 14 Agustus, 2017 2:55 pm

Sutana Pimpin AJI Persiapan, Iskandarsyah Resmi Ketua IWO Tanjungpinang

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG — Dua wartawan, Ibnu Arya Sutana dan Iskandarsyah yang keseharian bertugas dan meliput di Tanjungpinang, ibukota Provinsi Kepri diamanahkan menjadi pemimpin dua organisasi kewartawanan. Ibnu Arya Sutana memimpin Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Persiapan Tanjungpinang. Sedangkan Iskandarsyah sudah resmi menjadi Ketua Ikatan Wartawan Online Tanjungpinang periode 2017-2022.

Penunjukan Ibnu Arya Sutana dilaksanakan dalam deklarasi Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Persiapan Tanjungpinang di Hotel Comfort, Sabtu (12/08). AJI Kota Persiapan Tanjungpinang akan dibawa ke Kongres AJI Indonesia pada tanggal 23-25 November mendatang, untuk ditetapkan menjadi AJI Kota Tanjungpinang yang berdiri sendiri secara organisasi serta berpisah dari AJI Batam.

Deklarasi tersebut disaksikan langsung oleh Pengurus AJI Indonesia Bidang Organisasi, Labam Abraham Laisila dan kemudian, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara deklarasi. Juga dihadiri Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah SH beserta puluhan jurnalis se-Tanjungpinang.

Baca juga :  Danlanal Dumai dan Wakil Bupati Meranti Gelar Bakti Sosial di SLB

“AJI menerapkan aturan yang ketat dan selektif untuk memberikan persetujuan. Ada sejumlah kota di Indonesia yang mengajukan pembentukan AJI, tapi belum bisa diakomodir. Tanjungpinang, selain merupakan Ibukota Provinsi Kepri, di sini banyak jurnalis. AJI sangat menyambut dengan gembira atas deklarasi AJI Kota Persiapan Tanjungpinang,” kata Pengurus AJI Indonesia Bidang Organisasi, Labam Abraham Laisila.

Menurutnya, pada periode kepengurusan AJI tahun 2014-2017 ini, hanya AJI Kota Persiapan Tanjungpinang yang akan disetujui pembentukannya.

Sementara pada Ahad (13/08), puluhan wartawan yang bekerja di media online melakukan pemilihan Ketua Ikatan Wartawan On-line (IWO) Kota Tanjungpinang. Iskandar Syah, pimpinan redaksi LintasKepri.com terpilih sebagai Ketua IWO Kota Tanjungpinang periode 2017 – 2022.

Baca juga :  Sempena HSP Ke-89 di Meranti, Stop Semua Perdebatan

Ada 5 calon yang diusung dalam pemilihan tersebut yakni Rusmadi, Budi Arifin, Idris, Iskandar Syah, dan Rais. Dari 36 suara, Iskandar Syah memperoleh 19 suara, Rusmadi 7 suara, Idris 4 suara, Rais 4 suara dan Budi Arifin 0, serta Abstain 2 suara.

Pemilihan Ketua IWO Tanjungpinang tersebut dilaksanakan secara demokrasi dan transparan.
“Saya mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan semua yang telah mempercayai saya untuk mengemban tugas sebagai Ketua IWO Kota Tanjungpinang,” kata Iskandarsyah.(RK)