Minggu, 9 Juli, 2017 10:15 am

Syamsuar Dapat Kehormatan, Sandang Marga Nasution

Syamsuar bersama istri, Misnarni, saat dipasangkan kain ulos oleh Marga Nasution Riau.

RiauKepri.Com, PEKANBARU-Helat milad ke 25 tahun dan halal bi halal perkumpulan Marga Nasution Riau dengan anak borunya, menjadi sesuatu yang istimewa bagi Tokoh Masyarakat Riau, Drs H Syamsuar MSi. Kehadiran orang nomor satu di Negeri Istana Siak bersama istrinya, Misnarni, disambut hanyat dengan pergelaran adat.

Sebelum masuk ke Aula PTPN V tempat berlangsungnya acara pada Ahad (9/7/2017), sekitar pukul 09.00 WIB,  para tokoh Marga Nasution Riau yang sudah standby menghentikan langkah Syamsuar bersama isterinya. Kemudian, bak pengantin baru, kain ulospun dikenakan dari belakang Syamsyuar dan istrinya. Selanjutnya ”diarak” masuk ke tempat acara.

Sementara itu, di dalam gedung, kelompok gondang sembilan, meningkah langkah kaki Syamsuar bersama istri hingga duduk pada kursi yang sudah disiapakan. Hari itu, Syamsuar mengenakan pakaian dengan motif ”batik” khas nasution.

Dalam sambutannya, Ketua Perhimpunan Marga Nasution Riau, Prof Dr Syamruddin Nasution MA, merasakan bahwa kegiatan silaturahmi ini terasa berbeda karena dihadiri tamu istimewa, yakni tokoh masyarakat Riau yang saat sedang mempersiapkan diri untuk maju dalam Pilkada Riau 2018 mendatang.

Baca juga :  Emak-emak Ini "Mengentang" Sambil Terpekik di Mapolda Riau, Ngapa Ngentam?

”Tadi, kita sudah memberi gelar kepada Pak Syamsuar sehingga dia menjadi marga kehormatan kita. Jadi sudah seharusnya pula kita mendukung Pak Syamsuar untuk menjadi Gubernur Riau. Horas…!,” kata Syamruddin dan disambut horas dari ratusan warga Marga Nasution. Tepuk tanganpun bergemuruh.

”Dengan milad ke 25 tahun dan halal bi halal perkumpulan Marga Nasution Riau dengan anak borunya mari kita tingkatkan solidaritas kekerabatan Marga Nasution. Semoga amal ibadah kita diterima dan mari kita doakan juga agar Pak Syamsuar selalu dalam keadaan sehat,” sambung Syamruddin.

Bisa hadir dan dinobatkan sebagai marga kehormatan Nasution, kata Syamsuar, membuat dirinya sangat tersanjung. Apalagi diketahui, bahwa sangat besar peran Marga Nasution dalam pembangunan, baik di Riau ini maupun bangsa Indonesia ini.
”Bagi saya marga Nasution sudah tidak asing lagi. Seperti Almarhum Thamrin Nasution yang merupakan tokoh Riau yang sangat fenomenal. Begitu juga dengan KH Nasution,” ungkap Syamsuar.

Sebagai pemimpin, ucap Syamsuar, di bidang budaya dia tidak hanya mengedepankan budaya Melayu, namun juga tetap melestarikan budaya lainnya sehingga tidak hilang dimakan oleh zaman. Adanya bermacam suku bangsa di Riau ini, semakin memperindah dan semakin mewarnai kehidupan berbangsa dan inilah kekuatan negeri ini bersatu.

Baca juga :  FPR Dikukuhkan Rida K Liamsi

”Sebagai Bupati Siak, saya sudah melakukan pembangunan pendidikan dan pelestarian kebudayaan, dan selama saya menjabat sebagai bupati tidak pernah membeda-bedakan suku, ras, dan agama. Keragaman inilah yang membuat pembangunan semakin berwarna sehingga kita tidak bisa diinterpensi budaya asing,” ungkap Syamsuar.

Jika nantinya diberi amanah untuk memimpin Riau, ucap Syamsuar, dia berupaya membawa Riau lebih baik lagi. Apalagi dirinya diberi penghargaan dan amanah oleh Marga Nasution.  ”Akan kami jaga amanah ini. Jadi mohon doa restu dari masyarakat Marga Nasution Riau, dan mohon doa agar saya selalu sehat hingga bisa berbuat. Terima kasih atas penghargaannya. Horas…!,” kata Syamsuar menutup sambutannya dan dijawab dengan kata horas. (RK1)