Sabtu, 19 Agustus, 2017 4:30 pm

Syamsuar, Jadikan Pramuka Menyenangkan yang Relevan dengan Kehidupan

RiauKepri.com, SIAK-– Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Siak, menyelenggarakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) tahun 2017, di Aula Bunut Tualang-Perawang Sabtu (19/8/17).

Rapat ini diikuti seluruh pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Siak, Sekretaris Kwarda Riau, Mabiran Sekwarter Cabang Siak, Seluruh Wakil ketua Kwarcab dan Andalan Kwarcab, Seluruh Camat Selaku Kamabiran, Seluruh Andalan Ranting Tualang, Seluruh Kamabigus Sewarter Ranting Tualang, Ketua Gudep, dan Kepala Kampung se Kec Tualang.

Pelatakan batu pertama.

Rapat yang dihadiri sedikitnya
250 orang itu, secara resmi dibuka Bupati Siak, H Syamsuar, selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Siak.

Pembukaan Rakercab ini diawali dengan pelantikan Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Tualang masa bakti 2015-2018, oleh Ketua Kwartir Cabang 09 Gerakan Pramuka Siak H Alfedri. Ia berpesan kepada yang dilantik agar dapat menjalankan tugas dengan bertanggung jawab sesuai petunjuk yang berlaku.

Alfedri menyebutkan, agenda Kwarcab tahunan gerakan pramuka Siak di pandang penting untuk bahan evaluasi berbagai kegiatan, dengan program yang sudah ditetapkan Rakercab tahun 2017 dan membuat program-program sintetis untuk 2018.

Pelantikan yang dilakulan Alfedri.

Agenda yang sudah diprogramkan di antaranya, penilaian kwartir ranting tergiat dan Gudep tergiat serta penilaian akreditasi tahun 2017 setelah 3 tahun yang lalu kita lakukan 2014 visitasi dan akreditasi terhadap data dasar gerakan pramuka.

Baca juga :  Perkosa Bocah di Bawah Umur, Buruh Ini Diamankan Polsek Siak

Dari pelaksanaan akreditasi tahun 2017 ini, kata Alfedri, pelaksanaan akreditasi disesuaikan dengan masa bakti kepengurusan yakni 3 tahun sekali. Terjadi peningkatan dari tahun 2014, di tahun 2014 ini akreditasi dengan nilai B hanya 8 gudep saja dan di tahun 2017 ini meningkat untuk akreditasi A ada 15 gudep sebagian ada dengan akreditasi C dan juga masih ada yg dengan akreditasi D.

“Kami harapkan di Rakercab ini bagaimana kita bisa meluruskan berbagai kegiatan gudep sehingga nilai akteditasi ini bisa meningkat. Berbagai kegiatan gerakan pramuka perlu memperhatikan hal yang terkait dengan akreditasi, sehingga harapannya 3 tahun akan datang tidak ada lg yang nilainya D, minimal B,” ujar Alfedri.

Sementara itu, selaku Kamabicab 09 Siak, Syamsuar mengungkapkan saat ini masih ada kecamatan yang belum mendapatkan Pramuka Garuda. Harapannya kedepan kecamatan ini sudah ada pramuka garudanya.

“Hari ini kita akan melaksanakan Rakercab yang dilaksanakan disini, tadi di sampaikan oleh kwartir cabang masih ada yang belum mendapatkan pramuka garuda, yakni Kerinci Kanan dan Minas, jadi saya harapkan kepada Kamabiran dan kwaran bagaimana caranya agar dimasa yang akan datang pramuka garuda ini ada,” pinta Syamauar.

Baca juga :  Penguatan Perbatasan Bukan Wacana Belaka

Syamsuar juga meminta kepada semua pengurus untuk merubah minset gerakan pramuka, dimana generasi muda masa dulu berbeda dengan masa sekarang. Kaum muda dihadapkan dengan masalah sosial dan masalah kebangsaan, rendahnya soludaritas sosial dan kurangnya semangat kebangsaan yang tinggi. Sehingga gerakan pramuka menjadi salah satu organisasi yang diharapkan bisa menimbulkan minat dan jiwa positif generasi bangsa.

Diakhir sambutanya Syamsuar meminta agar arah pramuka kedepanya dapat dibuat menjadi menyenangkan, relevan dengan kehidupan sekarang namun tetap mengacu pada hal dasar yang menjadi pedoman dalam menjalankanya.

Dalam kesempatan berbeda, Syamsuar dan Alfedri yang di dampingi Camat Tualang berkesempatan untuk melakukan peletakan batu pertama pembanguanan fasilitas kebersihan umum untuk buper di areal kantor Camat Tualang. (RK-1/*)