Jumat, 4 Agustus, 2017 6:54 pm

Syamsuar Lepaskan JCH Siak dan Pelalawan Menuju Madinah

RiauKepri.com, BATAM — Pelepasan Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan yang tergabung dalam kloter 6, Jumat (4/8/2017), dari Embarkasi Batam, dilakukan Bupati, Siak Drs H Syamsuar MSi, di Asrama Haji Batam.

Pelepasan JCH ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an, oleh M Rizki Awali, juara II STQ Tingkat Nasional di Kalimantan Utara. Para JCH tampak terhenyak dan setiap penggalan ayat yang dilafaskan M Rizli, spontan terdengar serentak menyebutkan “Allah….”

Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Riau, Marwin JamaL MA, dalam sambutannya mengatakan, sampai saat ini dari embarkasi Batam sudah melepas 2.421 orang JCH ke Madinah.

“JCH yang tergabung dalam kloter 6 ini akan diberangkatkan pada 23.00 WIB menuju Madina, dan diperkirakan sampai pada tanggal 5 Agustus, sekitar pukul 04.20 waktu Arab Saudi,” kata Marwin.

Jika tidak ada aral, sambung Marwin, pada tanggal 13 September mendatang JCH kolter 6 ini sudah balik ke tanah air pukul 23.00 WIB di Batam. “Di Madinah kloter 6 ini ditempatkan pada pemondokan di Azaziah, rumahnya 411,” kata Marwin.

Baca juga :  Reaksi Cepat Syamsuar Benahi Dishub, Peralatan KIR Tercanggih dan Tarif Termurah di Riau

Bupati Pelalawan, H Harris, diberi kesempatan untuk menyampaikan kata sambutan. Ia mengucapakan selamat kepada JCH Siak dan Pelalawan, karena punya niat yang sama dan tujuan yang sama.

Berangkatnya JCH ini, kata Harris, suatu kebanggan tersendiri, karenanya ibadah ini harus iklas. Terkait masalah iklas, semuanya tergantung pada hati sendiri, sebab nantinya banyaknya cobaan baik dalam negeri maupun di tanah suci.

“Berbagai coba ini harus dilalui dengan sabar dan jika lolos, Insha Allah menjadi haji mabrur,” ucap Harris.

Sementara itu, Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, dalam sambutannya sebelum melakukan pelepasan mengucapkan syukur karena para calon haji/ hajah dari Siak dan Pelalawan dalam keadaan sehat. Ia mendoakan semoga semuanya menjadi haji dan hajah yang mabrur.

Selain JCH ini memunaikan ibadah haji, kata Syamsuar, juga diharapkan membawa nama baik Indonesia. Apalagi JCH terbanyak berasal dari Indonesia. “Jemaah haji Indonesia adalah jemaah yang paling patuh dengan peraturan, baik dengan peraturan Indonesia maupun pemerintah Arab Saudi,” ucap Syamsuar.

Baca juga :  Terasa "Kering" Karya Tari Baru di Riau, PLT Laksemana Taja Laksemana Award

Syamsuar juga menyebutkan, jangan khawatir dengan cuaca, karena Allah akan selalu melindungi JCH. Yang perlu diperhatikan, ikuti petunjuk tim medis dan pemerintah. Harus pandai-pandai mengsesuaikan kondisi kesehatan dengan cuaca di tanah suci.

“Kami hanya bisa mendoakan dan melepaskan JCH, dan karena kita satu kloter serta punya niat yang sama, tolong-menolong sesama JCH sangat diharapkan. Selain itu, juga diharapkan saling mengingatkan,” ungkap Syamsuar.

Usai menyampaikan sikapur sirih, dengan ridho Allah dan mengucapkan Bismilah, JCH kloter 6 dilepaskan Syamsuar. Pelepasan JCH Siak dan Pelalawan ini ditandai dengan penyerahan bendera Indonesia kepada ketua kolter 6.

Saat melakukan pelepasan, Syamsuar didampingi Bupati Pelalawan, H Harris, dan Kanwil Kemenag Kepri. Selain itu nampak juga Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan. (RK1)