Sabtu, 17 Februari, 2018 8:46 am

Tak Ada Korban Jiwa Cina Town, Api Baru Padam Pukul 06.30 WIB

RiauKepri.com, SIAK- Camat Siak, Aditya, menyebutkan sejauh ini belum ada laporan korban jiwa akibat terbakarnya 70 unit Ruko di Cina Town, Kabupaten Siak, Sabtu (17/2/2018).

“Kita sedang mendata berapa banyak jumlah jiwa korban kebakaran ini, sedangkan jumlah Ruko yang terbakar paling sedikit 70 unit. Hingga saat ini belum ada laporan adanya korban jiwa,” kata Aditya.

Aditya yang turun langsung dan ikut memadamkan api mengatakan, api baru benar-benar padam sekitar pukul 06.30 WIB, atau setelah empat jam kejadian dari pukul 02.30 WIB.

Dari informasi di lapangan, ucap Aditya, percikan api mulai di lihat warga dari Ruko Prima dan dalam sekejab api langsung membesar. Cepatnya api melahap dari satu ruko ke ruko lainnya yang dijadikan tempat tinggal dan usaha, karena bangunan terbuat dari papan.

Baca juga :  90 Persen Suara Tanah Putih untuk Syamsuar-Edy Nasution

“Siang sebelum kebakaran cuaca begitu panas dan membuat bangunan dari papan di Cina Town menjadi kering, begitu terjadi kebakaran api begitu mudah menghanguskan bangunan itu,” kata Aditya.

Penyebab kebakaran apa? “Sesuai informasi di lapangan, katanya akibat arus pendek, konsleting. Tapi biarlah pihak berwajib yang menyelidikinya apa yang menjadi penyebab kebakaran itu,” jawab Aditya.

Aditya menyebutkan, tempat penampungan sementara untuk korban kebakaran seperti dikatakan Plt Bupati Siak, Alfedri, sudah disiapkan. Begitu juga dapur umum.

Jika Balai Maharatu yang jaraknya sekitar 100 meter tidak bisa menampung korban, jelas Aditya, bangunan baru RSUD bisa menampung korbam sebanyak 200 orang.

Baca juga :  Edarkan Sabu, 2 Pria Ini Ditangkap Polisi Dalam Gubuk

Seperti diberitakan sebelumnya, api menjulang tinggi ini melahap cagar budaya itu pada Sabtu tanggal 17 Februari 2018, sekitar pukul 02.30 WIB. Dikabarkan sumber api yang melahap Ruko yang berapa di Jalan Sultan Ismail, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak, itu dari Toko Prima.

Untul memadamkan api itu, tim gabungan dari tampak turun ke lapangan, baik itu dari Koramil 03/Siak, Polsek Siak, Anggota Damkar, dan masyarakat nampak berjibaku memadamkan api.

Tiga unit mobil damkar dan 1 unit mesin Portable Kecamatan.
Siak, juga dikerahan namun api tak mudah padam hingga pukul 05.45 WIB, api belum bisa dipadamkan. (hidayat)