Minggu, 23 Juli, 2017 10:37 am

Tak Satupun Kepala Daerah Hadiri Parade Tari Kepri 2017, Karimun Juara

Inilah penampilan Sanggar Angsana Karimun, juara umum Parade Tari Daerah Kepri 2017. (f.adipranadipa)

RiauKepri.com, BINTAN — Kabupaten Karimun yang diwakili Sanggar Angsana tampil sebagai juara umum dalam Parade Tari Daerah Kepri 2017 di Lapangan Relief Antam Kijang, Bintan, Sabtu (22/7) malam. Juara 2 diraih Lingga dan posisi 3 Bintan.

Karimun menjadi juara umum karena karena tampil sebagai penyaji terbaik 1. Sedangkan Megad Syah Alam dari Lingga tampil sebagai penata musik terbaik. Dengan kemenangan ini, Angsana berhak mewakili Kepri dalam event Parade Tari Nasional di TMII, Jakarta, 21 Agustus mendatang.
Acara Parade Tari Daerah di Lapangan Relief Antam tergolong meriah. Penonton memenuhi lokasi acara yang memang selalu ramai di akhir pekan. Ironisnya, tak hanya Gubernur Kepri Nurdin Basirun, seluruh bupati/wali kota se-Kepri tak ada yang hadir. Kecuali Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam. Hal ini membuktikan lemahnya perhatian kepada kegiatan kebudayaan. Event kebudayaan dianggap sesuatu yang tak menarik.
Pembukaan acara dilakukan Ketua Lembaga Adat Melayu Kepri, Abdul Razak, didampingi Asisten Ekbang Kepri, Syamsul Bahrum, dan Kadis Kebudayaan Kepri, Yatim Mustafa, serta Kadis Kebudayaan Kabupaten/kota Se-Kepri.
Sebanyak 12 grup tari memberikan penampilan terbaik. Kadis Kebudayaan Kepri,Yatim Mustafa menyebutkan, setiap kabupaten/kota mengirim dua grup tari. “Hanya Anambas dan Natuna yang kirim satu grup. Lainnya dua tim. Juri tiga orang. Dua dari Jakarta, satu dari Riau,” kata Yatim.
Tema Parade Tari Daerah tahun ini adalah Seriuh, Seriuk dan Sebati.(RK)
Baca juga :  Syamsuar, dengan Hidup Sehat Kita Bisa Mengabdi