Rabu, 15 April, 2015 8:53 am

Tim 9 Sampaikan Hasil Survei ke DPD PAN, Irwan Berada Urutan Teratas

PAN

RiauKepri.com, SELATPANJANG – Hasil survei penjaringan Bakal Calon Bupati (Balonbup) dan Bakal Calon  Wakil Bupati (Balon Wabup) tim 9 yang mendaftar ke Partai Amanat Nasional (PAN) Meranti. Nama Drs H Irwan Msi meraih persentase tertinggi dalam popularitas dan elektabilitas. Sedangkan, Ketua DPC  Demokrat, Muzamil, bakal calon wakil bupati dengan persentase tertinggi juga.

Hasil survei ini diserahkan Ketua Tim 9, Jasman, didampingi juru bicara tim 9 Herwan kepada Ketua DPD PAN Kepulauan Meranti yang juga Ketua DPRD, Fauzi Hasan SE, didampingi anggota DPRD dari PAN, Ardiansyah SH MSi, Marhisyam, Darwin Susandi dan Abdul Aziz di Sekretariat DPD PAN, Jalan Pembangunan, Selatpanjang. Selanjutnya, hasil survei ini secepatnya diserahkan kepada DPW PAN yang akan diteruskan kepada DPP PAN.

“Secepatnya akan kita sampaikan ke pusat,” ujar Fauzi Hasan yang belum bisa memastikan kapan persisnya meneruskan hasil survei tersebut, kepada wartawan saat jumpa pers, Rabu (15/4/2015).

Fauzi membeberkan, ada sebanyak 3 orang Balonbup yang telah lulus verifikasi berkas dan administrasi yang dilakukan survei oleh tim 9. Hasil survei ketiga Balonbup tersebut, yakni diurutan pertama yang paling populer yakni Drs Irwan MSi sebesar 56 persen, Drs H Masrul Kasmy MSi diurutan kedua sebesar 25 persen, dan Tengku Mustafa ST MT meraih 15 persen. Sedangkan sisanya sebanyak 4 persen tidak menjawab. Sementara untuk hasil survei tingkat elektabilitas, Drs H Irwan MSi meraih 59 persen, Drs H Masrul Kasmy MSi sebesar 25 persen dan 12 persen diraih Tengku Mustafa. Sedangkan 4 persen lagi tidak memilih.

Baca juga :  JE, Syamsuar Orangnya Bersih Layak Memimpin Riau

“Survei kita lakukan ke seluruh atau 9 Kecamatan di Kepulauan Meranti. Survei kita lakukan dengan pola quisioner dengan melibatkan 1.400 koresponden,” ungkap Ketua DPD PAN Kepulauan Meranti itu.

Sementara dengan jumlah koresponden yang sama sebanyak 1.400 hasil survei bagi Balon Wabup yang paling populer yakni Muzamil mendapat respon 47 persen. Sementara Kader PAN hanya meraih posisi kedua Hj Jahlelawati sebesar 31 persen, dan Efendi SE yang hanya meraih 5 persen. Sedangkan sisanya 17 persen tidak memilih. Untuk Elektasbilitas, Muzamil juga meraih posisi tertinggi dengan perolehan 40 persen, posisi kedua Jahlelawati sebesar 35 persen, dan 6 persen memilih Efendi SE. Sedangkan sisanya 19 persen tidak memilih.

Lebih jauh dikatakannya dari 1.400 koresponden dalam survei yang dilakukan tim 9 DPD PAN Kepulauan Meranti sebesar 30 persen memilih karena partai pengusung, 66 persen memilih karena latar belakang keluarga, etos kerja, dan lainnya. “Kita mengambil sampel dari berbagai tingkat umur dan latar belakang pendidikan masyarakat,” kata Fauzi.

Baca juga :  AHY Sampaikan Salam SBY Kepada Syamsuar

Selain itu dengan asusmi balon akan menang jika diusung partai pemenang (PAN) diraih 73 persen, sebesar 15 persen koresponden menilai tidak menang, 8 persen ragu-ragu, dan 4 persen tidak memilih. Sedangkan tingkat pilihan jika diusung parpol, 5 persen memilih karena ideologi parpol, 55 persen karena visi misi parpol 39 karena citra parpol, dan 1 persen tidak memilih.

“Koresponden juga menilai tingkat asumsi keberhasilan 66 persen percaya mampu membangun meranti kearah yang lebih baik dibidang politik, ekonomi, budaya danlainnya, 11 persen tidak percaya, 14 persen kurang percaya, dan 9 persen tidak menentukan pilihan,” ujar Fauzi.

Fauzi menyebutkan, bahwa survei dilakukan tim 9 sejak 16 Februari sampai 15 april 2015 atau lebih kurang selama dua bulan. Ditegaskannya juga bahwa hasil survei tersebut tidak mutlak, sebab keputusan akhir menunggu keputusan DPP PAN.

“Keputusan akhir siapa yang akan diusung PAN berada di DPP. Namun hasil ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi DPW untuk merekomendasikan Balonbup dan Balon Wabup yang akan diusung PAN nantinya dalam Pilkada Kepulauan Meranti,” kata Fauzi. (MG)