Kamis, 31 Agustus, 2017 9:00 pm

Tim Nusantara Sehat Resmi Bertugas di Meranti

RiauKepri.com, MERANTI — Tindak lanjut MoU antara Pemkab Meranti dengan Kemenkes RI beberapa waktu lalu akhirnya terealisasi ditandai serah terima Tim Nusantara Sehat (NS) Kementerian Kesehatan RI Periode II Tahun 2017. Seremoni serah terima dilaksanakan di Aula Hotel Indo Baru, Selasa kemarin oleh Asisten II Setda Kepulauan Meranti H. Anwar Zainal mewakili Bupati setempat.

Dengan telah dilakukannya serah terima Tim Nusantara Sehat ini, maka 6 tenaga kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI siap bertugas memberikan pelayanan kesehatan di Meranti tepatnya di UPT Puskemas Bandul Kecamatan Tasik Putri Puyu.

Enam tenaga kesehatan Tim Nusantara Sehat sesuai bidang tugas yakni 1 orang dokter gigi, 1 perawat, 1 bidan, 1 analis kesehatan/laboratorium, 1 ahli kesehatan lingkungan, dan 1 kesehatan masyarakat.

Baca juga :  Amboi, Sekda Meranti Buka Bimtek di Batam

“Awalnya Dinkes Meranti mengusulkan 2 tim NS untuk mengisi UPT Puskesmas Kedabu Rapat dan UPT Puskesmas Bandul. Namun setelah dilakukan peninjauan dan evaluasi akhirnya disetujui penurunan 1 Tim NS di UPT Puskemas Bandul, Kecamayan Tasik Putri Puyu,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Meranti dr. Ria.

Penugasan Tim NS Kemenkes RI ini dalam rangka penguatan derajat kesehatan primer masyarakat melalui pemenuhan tenaga kesehatan di seluruh Indonesia khususnya di daerah tertinggal, terisolir serta perbatasan. Selain memberikan pelayanan kesehatan mereka juga bertugas melakukan upaya promotif dan preventif melalui pemberdayaan masyarakat. Pada 2015, Tim NS Kemenkes RI angkatan I telah ditugaskan di UPT Puskesmas Rangsang.

Asisten II Sekda Meranti Ir. Anwar Zainal berharap, Tim NS angkatan ke II ini mampu memberikan pelayanan kesehatan lebih baik dan terintegrasi sehingga derajat kesehatan masyarakat lebih meningkat. Pun, ia mengharapkan tim ini dapat menciptakan program baru dan berkreasi sehingga pemenuhan standar kesehatan minimal yang menjadi salah satu indikator kinerja Pemda berjalan dengan baik.

Baca juga :  Meranti Ingin Mengulang Sukses Juara II MTQ Riau

“Kita akan mengawasi dan membimbing Tim NS semoga dapat berkiprah dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Mewakili Kemenkes RI, dr. Budi punya harapan serupa. Sedangkan Perwakilan Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan, Mujiono Pambudi megungkapkan bahwa beban anggaran untuk penugasan Tim NS Kemenkes RI ini sangat besar. “Laksanakan tugas dengan baik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat di Meranti,” katanya. (RK/MA)