Kamis, 15 Maret, 2018 12:32 pm

UED SP Rajawali Desa Sumber Jaya Gelar MDPT

RiauKepri.com, SIAKKECIL – Pengurus Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) Rajawali Desa Sumber Jaya Kecamatan Siak Kecil menggelar Musyawarah Desa Pertanggung jawaban Tahunan (MDPT) dihalaman kantor Desa Sumber Jaya , Rabu (14/3/2018).

Dalam agenda MDPT ini terdapat berbagai agenda penting, diantaranya laporan dari pengelola UED-SP kepada pemerintah desa dan kepada para pemanfaat dan masyarakat terkait pelaksanaan UED-SP tahun sebelumnya.

Ketua UED-SP Rajawali Desa Sumber Jaya Suratno dalam sambutan nya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat dan juga pihak pemerintah desa yang selalu memberi masukan dan saran dalam mengelola UED-SP Rajawali Desa Sumber Jaya, dan kepada pemanfaat yang telah menunaikan semua kewajiban dalam membayar tepat waktu juga berharap untuk yang masih menunda kewajiban agar dapat menyelesaikannya.

“Kami selaku pengelola dan pengurus UED SP Rajawali mengucapkan terimakasih kepada DPMD, pihak pemerintah kecamatan dan desa, Korcam dan juga seluruh pemanfaat yang hadir yang telah menunaikan kewajiban dengan baik, dan untuk pemanfaat yang belum agar dapat menyelesaikan dengan secepat nya” ujar Suratno.

Ketua UED-SP  juga menyampaikan laporan dana yang telah bergulir ke  pemanfaat baik dari kabupaten tutup buku tahun 2017 ini SHU mencapai Rp 101.000.000.

“Tahun ini kita menghasilkan SHU sebesar Rp. 101.000.000 dan dana yang telah bergulir kepada masyarakat yang bersumber dari Kabupaten Bengkalis sebesar Rp.11.000.000.000 ” jelas Suratno

Baca juga :  Ibu yang Menunggu

Sementara itu, Kepala Desa Sumber Jaya Muhammad Hariyanto dalam sambutan nya mengatakan dengan adanya UED SP ini masyarakat sangat terbantu perekonomian nya, dan hendak nya bagi para pemanfaat untuk tetap menunaikan kewajiban membayar angsuran, hal ini guna kelancaran untuk pemanfaat yang ingin meminjam lagi.

Muhammad Hariyanto juga memberikan apresiasi kepada para pengelola UED-SP Lubuk Muda Perkasa karena telah melaksanakan MDPT ini dengan baik dan hendak nya juga memberikan kontribusi positif dan bekerja keras lagi dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat, terutama para pemanfaat.

“ Kami dari pemerintah desa memberikan apresiasi atas terselenggara nya MDPT ini, Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para pemanfaat yang mengangsur pinjamannya tepat waktu dan untuk pemanfaat yang masih menunggak agar cepat lah selesai kan semua kewajiban jangan tunggu pintu rumah diketuk dulu” jelas Hariyanto.

Pada kesempatan itu Kasi Pengembangan Usaha Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis Beni Nasriawan menjelaskan Program di Kabupaten Bengkalis pada tahun ini berdasarkan Peraturan Bupati No 71 tahun 2017 adalah peleburan Ued-Sp ke dalam Bumdes, Yang pastinya ued-sp sekarang ini akan berubah namanya menjadi Usaha Unit Simpan Pinjam (UU-SP) dan juga menjadi salah satu unit usaha yang bergerak di bidang jasa keuangan.

Baca juga :  Hancur! Lima Pelajar Pekanbaru Pesta Sabu

” Berdasarkan peraturan Bupati nomor 71 tahun 2017 yang ditandatangani oleh Bapak Bupati Bengkalis bahwa nanti setelah dilebur syarat pinjaman yang dulunya itu maksimal hanya 30 juta rupiah untuk pemanfaat, tapi setelah melebur syarat pinjaman itu naik menjadi maksimal 60 juta rupiah ” terang Beni

Kasi Pengembangan Usaha Masyarakat ini juga berharap, bumdes nantinya lebih fokus mengembangkan Unit Usaha Simpan Pinjam (UU-SP) lainnya, dan tentu nya pimpinan Bumdes harus di pegang oleh Direktur yang berpengalaman tentang dunia bisnis.

” Bumdes ini harus dipimpin oleh Direktur yang benar- benar menguasai dunia bisnis, agar bumdes ini bisa dikelola dengan baik dan tentu nya dapat memajukan usaha didalam bumdes itu sendiri” tutur Beni

Dalam acara MDPT tahun 2017 ini UED-SP Rajawali Desa Sumber Jaya memberikan bantuan Dana Sosial kepada Imam Mesjid , Ghorim dan juga santunan anak yatim serta menggelar bagi bagi hadiah seperti Kulkas , Mesin Cuci, Gerobak Sorong dan Hadiah Bonus lain-lain nya kepada pemanfaat kategori terbaik dan yang beruntung.

Dalam acara MDPT ini tampak hadir Kasi Pengembangan Masyarakat Desa, Kepala Desa Sumber Jaya, Korcam Ekonomi Siak Kecil, Pendamping Desa Ekonomi, Ketua UED-SP Rajawali Desa Sumber Jaya, tokoh masyarakat dan seluruh pemanfaat UED SP. (RK4)