Sabtu, 10 Maret, 2018 11:01 am

Ujang Effendi : Kementrian Koperasi Belum Ada Mengesahkan Kubu Manapun

RiauKepri.com, SUNGAIPAKNING – Pengurus Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (KBBDM) yang diketuai Haji Ismail menyampaikan klarifikasi dan bantahan atas klaim kubu pengurus hasil RAT Luar Biasa. 

Hal itu disampaikan Haji Ismail melalui pengawas koperasi Ujang Effendi kepada media ini.

“Kita sudah menghubungi Kabag Kelembagaan Kementrian Koperasi Bapak Catur Susanto meminta klarifikasi pertemuan beberapa hari lalu,  dan ternyata beliau menegaskan bahwa Kemenkop RI tidak ada mengesahkan kubu KBBDM manapun,  justru Kementrian menyerahkan kepada Dinas Koperasi Kabupaten Bengkalis,  karena koperasi ini di bawah binaan Dinas Koperasi Kabupaten,” Ungkap Ujang Effendi didampingi pengurus dan anggota seperti Sulaiman dan Rafi, Sabtu (10/3/2018).

Ujang juga menjelaskan hasil konfirmasi via telpon kepada media ini pihaknya dengan Catur Susanto Staff Kementrian Koperasi RI,  yang dalam kesimpulannya menegaskan bahwa Kementrian tidak punya kewenangan untuk memutuskan sebuah sengketa di dalam kepengurusan sebuah koperasi.

Baca juga :  Bupati Bengkalis Sampaikan LKPJ Tahun 2017, Ini Isinya

“Kementrian justru meminta kepada Dinas Koperasi Bengkalis untuk memediasi dan menyelesaikan sengketa,  jadi tidak benar jika kubu pengurus RAT Luar biasa sudah disahkan,  karena sampai sekarang masih sengketa,” tandas Ujang.

Pengurus KBBDM dibawah kepemimpinan Haji Ismail juga menyayangkan komisi III DPRD Bengkalis, yang dinilai memihak kepada salah satu kubu.

“Kita sayangkan komisi III DPRD Bengkalis saat melakukan konsultasi dengan Kementrian Koperasi tidak melibatkan semua pihak,  atau kedua kubu yang sedang dalam sengketa,  bagaimana mungkin masalah dualisme bisa selesaikan,  kalau hanya satu pihak yang dilibatkan,  dimana letak kebijakan dan rasa keadilan anggota dewan?”tanya Ujang.

Baca juga :  Ketua DPRD : Gaji Tenaga Kontrak Pemda Mesti Lebih Tinggi atau Sama dengan UMK Kabupaten

Lebih lanjut Ujang meminta persoalan ini harus cepat diselesaikan dan dimediasi oleh Dinas Koperasi Kabupaten Bengkalis,  sesuai dengan rekomendasi pihak Kementrian Koperasi dan UKM RI.

“Untuk itu kita minta Dinas Koperasi Kabupaten segera memediasi dan menyelesaikan sengketa ini,  demi kepentingan masyarakat yang tertunda sudah bertahun – tahun. Kepengurusan Koperasi BBDM tetap menunggu keputusan resmi dari Dinas Koperasi Kabupaten Bengkalis, ” tutup Ujang. (RK4)