Senin, 16 April, 2018 11:21 am

UPT Bandar Serai Taja Manajemen Panggung Seni Pertunjukan

RiauKepri.com, PEKANBARU – Untuk menghasilkan karya seni pertunjukan yang baik, tidak terlepas dari rencana pengelolaan panggung. Pengelolaan panggung atau sering disebut dengan manajemen panggung adalah upaya kelompok seni pertunjukan menyusun berbagai stategi sehingga karya yang ditampilkan dapat memuaskan para penonton.

Dalam rangka menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) manajemen panggung, Dinas Pariwisata Provinsi Riau melalui UPT Bandar Serai menaja Pelatihan Manajemen Panggung. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (16-17/4/2018) dilaksanakan di Anjung Seni Idrus Tintin.

Dua pemateri pelatihan ini berasal dari Jakarta yaitu Ismunardi dan Sonny Sumarsono. Selain pemateri dari Jakarta, pelatihan ini juga menghadirkan dua pemateri dari Riau, yaitu SPN Iwan Irawan Permadi (Direktur Artistik PLT Laksemana) dan Fedli Aziz (Ketua Selembayung Teater).

Baca juga :  Jalur Lalu Lintas Riau - Sumbar Terganggu Akibat Longsor

Kepala UPT Bandar Serai, Raja Indra, dalam kata sambutan pada pembukaan pelatihan ini, Senin (16/4/2018), menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah upaya meningkatkan SDM, terutama untuk SDM manajemen panggung. Manajemen panggung, kata Indra, merupakan hal penting dalam suatu karya seni pertunjukan.

“Seni pertunjukan akan baik, apabila manajemen panggungnya baik,” ucap Raja Indra.

Raja Indra menambahkan, bahwa Provinsi Riau berkomitmen menjadikan Provinsi Riau sebagai pusat seni pertunjukan di Sumatera.

Baca juga :  Dibobol maling, warga Dumai rugi Rp 91 juta

“Komitmen Provinsi Riau menjadikan negeri ini sebagai pusat seni pertunjukan harus didukung dengan manejemen seni pertunjukan yang baik. Untuk itulah, kami senantiasa menaja kegiatan dalam rangka memperkuat Riau sebagai pusat seni pertunjukan di Sumatera. Salah satunya adalah menaja manajemen panggung ini,” jelas Raja Indra.

Sebanyak 30 peserta dari kabupaten/kota di Riau menjadi peserta kegiatan ini. (ayi)