Kamis, 17 Agustus, 2017 8:49 pm

Usai Memperingati Detik Proklamasi, Ini Pengharapan Syamsuar

RiauKepri.com, SIAK–Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik ke 72 Indonesia yang dilaksanakan Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, berlangsung di Lapangan Tugu 17 Istana Siak, Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak Sri Indrapura, berjalan hikmad, Kamis (17/8/17).

Helat tahunan ini diiringi dengan Pengibaran Bendera Merah Putih dan lagu Indonesia Raya, dipimpin oleh Bupati Siak, H Syamsuar, selaku inspektur upacara.

Perwira upacara dipimpin Kapten Sahman Sinaga, Danramil 06 Sungai Apit, dan komandan upacaranya dipimpin oleh Kapten INF Argo Infantrianto, Dankise Yonif 132, Pembaca Teks Proklamasi, Ketua DPRD Siak, Indra Gunawan, dan Komandam Kompi Lettu Inf, Pariaman M.Manurung.

Sementara untuk anggota Paskibraka terdiri dari 30 orang, pasukan 45 terdiri dari TNI dan POLRI, pengapit pasukan 8 juga terdiri dari TNI dan Polri yang berjumlah 4 orang, untuk pembawa baki penaikan bendera adalah Rana Haura Hafizhah yang merupakan siswi SMAN 2 Tualang, pengerek bendera oleh Joshua Simanjuntak siswa SMAN 1 Lubuk Dalam, Agil Sahid Fattah siswa SMAN 1 Siak dan Syahrul Rahman siswa dari SMKN 1 Minas.

Baca juga :  Dor ! Napi Rutan Rengat Terkulai

Dijumpai seusai apel, Syamsuar menyebutkan melalui HUT RI sesuai tema tahun ini, Kerja Bersama, dia menyerukan kepada semua pihak untuk tingkatkan kinerja sesuai dengan tugas diembankan.

“Mari kita hayati momen ini untuk meningkatkan kerja kita sesuai dengan tugas kita masing – masing, sekaligus juga berupaya sesuai dengan cita -cita proklamator kita bagaimana kita bersama dapat mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai pembangunan di segala bidang,” kata Syamsuar.

Selanjutnya, Syamsuar mengatakan momen ini merupakan pengaharapan, adanya kesadaran dari seluruh komponen masyarakat agar senantiasa memelihara persatuan kesatuan, memelihara kebinekaan dan juga tentunya bisa menjadi warga negara memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang kuat.

Baca juga :  Bupati Meranti Kunjungi Panti Asuhan Tertua di Meranti

“Saya berharap kepada masyarakat semua mari kita satukan tekad kita bahwa NKRI kita ini merupakan harga mati dan karena itulah mari kita pelihara persaudaraan kita kerukunan umat beragama dan persaudaraan kita yang masih kuat, sehingga dengan konsentrasi kita bersatu saat ini dalam ragam kebudayaan yang berbeda beda semoga kita dapat memajukan pembangunan kedepan yang lebih baik lagi” ucap Syamsuar.

Dalam acara itu Bupati Siak berkesempatan menyerahkan piagam penghargaan kepada 43 orang yang telah berjasa mengharumkan nama Kabupaten Siak serta ikut berpratisipasi dalam pembangunan daerah.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Pemkab Siak terhadap torehan prestasi oleh 43 orang yang berjasa mengharumkan nama Siak. (RK-rls)