Kamis, 24 Agustus, 2017 6:27 pm

Waduk 5 Hektare Ini Jadi Tonggak Kebangkitan Pertanian Bintan

RiauKepri.com, BINTAN — Bupati Bintan, Apri Sujadi, bersama rombongan Komisi I dan Komisi II DPRD Kabupaten Bintan meninjau Waduk Hulu Bintan, Selasa sore (23/8/2017). Waduk ini rencananya akan selesai dalam jangka waktu 2-3 bulan mendatang. Waduk dengan luas lebih kurang 5 Hektare ini mampu menghasilkan air sekitar 150 liter/ detik.

Dalam peninjauan waduk tersebut, Apri menginstruksikan Supriyono dan Ronny Kartika, agar bersinergi dalam pemanfaatan waduk bagi masyarakat sekitar. Supriyono adalah Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bintan, dan Ronny Kartika pula Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan. Bupati berharap keduanya bisa memaksimalkan potensi dan menghidupkan kembali pertanian serta persawahan di Desa Sri Bintan maupun di Desa Bintan Buyu.

Baca juga :  Pemkab Bintan Terus Gesa Perkembangan BUMD

“Dengan adanya waduk ini kita ingin semua pertanian yang tak produktif di dua desa tersebut bisa digarap menjadi pertanian yang bernilai tinggi. Kapasitas waduk mampu mengairi sawah 471 hektar lebih,” ujarnya.

Arpa (55), petani Bintan Buyu menyambut baik dengan adanya waduk tersebut. Tahun 2016 lalu, dengan lahan 1 hektare dirinya menghasilkan panen lebih kurang 6 ton.

“Tahun lalu kita menghasilkan panen lebih kurang 6 ton, dengan penjualan gabah sekitar 15 ribu per kg. Kita harapkan dengan berfungsinya waduk, penghasilan juga akan meningkat,” harapnya.(RK/Hms)