Sabtu, 29 Juli, 2017 8:56 am

Walikota Batam Ajak Masyarakat Konsumsi Makanan Gizi Seimbang

Walikota Batam H Muhammad Rudi dan isteri Hj Marlin Agustina (kanan)

RiauKepri.com, BATAM – Masyarakat Batam diajak hidup sehat melalui Kampanye Gizi Seimbang. Kegiatan ini digelar di Dataran Engku Putri Batam Centre, Sabtu (29/7).

Kampanye diisi kegiatan cuci tangan pakai sabun, konsumsi buah dan sayur bersama, serta talkshow mengenai gizi seimbang. Talkshow dipandu dokter Rizal Al Idrus, ahli gizi yang sering tampil di tayangan televisi.
Cuci tangan dan makan buah massal ini diikuti Walikota, Wakil Walikota, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, beserta para istri. Selain itu juga diramaikan oleh anak sekolah dan masyarakat yang sudah mengikuti rangkaian kegiatan sejak pukul 06.00 WIB.
“Supaya hidup sehat, makan buah. Tapi makannya sebelum makan berat,” kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, mengajak masyarakat biasakan konsumsi buah dan sayur.
Sementara itu, Walikota Batam Muhammad Rudi mengatakan Pemerintah Kota Batam akan menggelar pasar murah yang melibatkan distributor. Tujuan kegiatan sepanjang Agustus ini adalah agar masyarakat dapat membeli bahan makanan di tengah sulitnya kondisi ekonomi.
“Harga di bazar ini pasti lebih murah dari pasar. Karena langsung dari penyalur (distributor),” kata Rudi.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan tujuan Kampanye Gizi Seimbang ini adalah untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Karena di tengah perkembangan dunia, masyarakat cenderung mengonsumsi makanan cepat saji yang kandungan gizinya tidak seimbang.
“Komposisi gizinya tidak sehat karena lebih banyak mengandung kolesterol, lemak, dan lain-lain,” ujarnya.
Kampanye gizi seimbang ini mulai digerakkan di Amerika pada 1930. Visualisasinya dalam bentik piramida makanan sehat. Sementara kampanye gizi seimbang di Indonesia divisualisasikan dalam bentuk tumpeng gizi seimbang (TGS).
“TGS ini menggambarkan empat prinsip. Makanan beraneka ragam sesuai kebutuhan, kebersihan diri dan lingkungan, aktivitas fisik, dan pemantauan,” ujarnya.
Cara hidup sehat dilaksanakan dengan konsumsi makanan berimbang, olahraga, jaga kesehatan dan jaga berat badan, serta jaga kebersihan diri terutama kebersihan tangan. (MCPKB/ RK-4)
Baca juga :  Ditemukan Mayat Berlumuran Darah Dalam Parit Sungaipanas