Kamis, 12 Oktober, 2017 8:50 am

Warga Siak Diselimuti Bahagia dengan Beragam Pakaian Adat

RiauKepri.com, SIAK– Upacara Peringatan Hari Jadi ke 18 Kabupaten Siak tahun 2017, dipusatkan di depan Istana Asserayah El Hasyimiyah Siak Sri Indrapura, Kamis (12/10/2017) pagi.

Dalam helat ini, ribuan masyarakat Siak dilindungi rasa bahagia dengan berbagai macam pakaian yang dikenakan, namun paling dominan mengenakan baju kurung.

Sesuai undangan, mereka yang menghadiri upacara diminta untuk mengenakan pakaian adat masing-masing, sehingga terlihat “Indonesia” pada milad ke 18 Kabupaten Siak.

Roni, Kabag Umum Kabupaten Siak, tampak bukan main senang dengan mengenakan baju adat Meluku Utara.

Baca juga :  Ini Petunjuk Polisi Membekuk Pembunuh Cici di Hotel

“Kebetulan sayo lahir di Maluku Utara jadi pakai baju adat Maluku Utara saja biar semarak acara ini,” kata Roni yang sempat menjadi perhatian sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Siak.

Assiten I Sekdakab Siak, Budi, juga menjadi perhatian. Pasalnya dia berjalan terseok-seok lantaran mengenakan pakaian ada Jawa lengkap dengan keris terselit di belakangnya.

“Aduh mak, nak berjalan sajo susah. Nak buang airpun payah, jadi dari tadi sayo tak berani minum,” kata Budi, seraya ketawa.

Baca juga :  Pelajar Pekanbaru Terlibat 15 Kali Curamor dan 2 Kali Kasus Begal

Sementara itu, Ketua DPRD Riau, Indra Gunawan, juga mengenakan pakaian adat Jawa dan pagi itu dia dipercaya membacakan misi Kabupaten Siak.

Sedangkan Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi yang menjadi inspektur upacara mengenakan baju kurung warga unggu, seragam dengan Wakil Bupati Siak, Alfedri. (hidayat)